SEO on page 2020

SEO On Page 2020 semakin ke sini semakin dinamis. Google senantiasa mengupdate Algoritmanya, untuk memberikan hasil terbaik kepada penggunanya. Alhasil, apa yang dulu dianggap trik cara membuat blog tampil di laman pertama hasil pencarian, kini sudah tidak relevan lagi. Alias sudah basi.

Karena itu seorang blogger, atau pemilik website harus selalu belajar langkah-langkah optimasi SEO On Page kalau mau di sukai google.

Sebagai contoh, menumpuk kata kunci di mana-mana, bold, italic, dan underline sudah sama sekali tidak berguna.

Google sendiri telah mengumumkan menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk memahami lebih baik lagi akan apa yang dicari oleh pengguna.

Apakah Keyword Masih Relevan?

Sampai hari ini keyword masih jadi perbincangan banyak praktisi SEO di luar sana.

Akan tetapi, melihat perkembangan dari tahun ke tahun, dan meninjau masa depan Machine Learning dan potensi Artificial Intelligence, entah mengapa kami meyakini, semakin ke depan, keyword akan semakin berkurang pengaruhnya.

Sebagai contoh, dulu google menggunakan keyword yang digunakan pencari informasi, dan mencocokkan pencarian dengan website-website yang mengandung keyword tersebut. Kemudian yang paling banyak dan kuat keywordnya, itulah yang dimunculkan di laman hasil pencarian (SERP).

Namun, semakin ke sini google semakin paham dengan apa yang dicari orang. Logikanya, kalau google bisa paham apa sebenarnya yang dicari orang, maka keyword tidak akan lagi dibutuhkan. Google akan menampilkan konten yang paling berkualitas dan menjawab masalah pengunjung dengan lugas. Meski tidak ada keyword itu di dalamnya.

Keyword sejatinya hanyalah permainan kata. Mencocokkan antara kata yang diketik orang dengan artikel yang mengandung kata tersebut. Yang tingkat kesesuaiannya paling dekat (exact match keyword) maka itu yang ditampilkan.

Tapi sekarang tidak lagi begitu…

Mari kita lihat contoh berikut. Ketika saya mengetik kata kunci “Belajar Menjadi Penulis” di google, ini yang hasil yang muncul…

Bukan Keyword, Ini 9 Faktor Utama SEO On Page 2020 Agar Website Disukai Google 1

Perhatikan hasil pencarian di atas, dari 5 teratas tidak ada 1 pun yang keywordnya sama persis. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa google makin tidak butuh kata kunci untuk memahami kebutuhan pencarian.

Lantas jika seperti itu, apa saja elemen faktor yang menentukan On Page SEO 2020?

1. Konten, tapi bukan sembarang konten

Google memang selalu mengupdate algoritmanya setiap saat. Tapi semua itu demi memberikan hasil pencarian yang paling berkualitas untuk penggunanya.

Di setiap algoritma seperti panda, penguin, hummingbird hingga rankbrain, banyak hal yang berubah, tapi ada satu yang tidak akan pernah berubah. Apa itu?

Apalagi kalau bukan konten.

Seperti yang sering kita dengar, Konten is A King. And will always be king. Kontenlah faktor utama dan paling utama dalam hasil pencarian. Bukan keyword, bukan backlink, bukan yang lain-lain.

Tapi pertanyaannya, konten yang seperti apa yang akan win the competition?

Yang pasti bukan konten biasa, apalagi konten yang cuma ditulis untuk SEO. Tapi konten yang memang berkualitas tinggi, menjawab permasalahan pengunjung, yang ditulis sepenuh hati, dan berbobot tinggi.

Konten berkualitas tidak ditulis untuk SEO. Tapi ditulis sepenuh hati untuk menjawab kebutuhan pengunjung.

Saylendra.my.id

So, tidak perlu mencoba berbagai cara untuk mengelabui hasil pencarian. Google bukan anak kemarin sore. Mereka punya orang-orang paling cerdas di muka bumi ini. Mereka juga menggunakan teknologi paling cerdas.

Kalau konten kamu berkualitas, maka google akan menemukanmu.

Tapi seperti apa konten berkualitas itu? Tidak ada standar khusus, karena balik lagi ke pangkuan pencari informasi. Kalaupun di-list, barangkali berikut poin-poin sebuah konten yang berbobot tinggi:

  1. Ditulis dengan kalimat yang baik dan mudah dipahami
  2. Bisa diaplikasikan secara langsung, bukan teori-teori kosong belaka
  3. Dilengkapi dengan data dan fakta yang kredibel dan terpercaya
  4. Konten yang ditulis oleh seorang ahli di bidangnya lebih diperhitungkan
  5. Dilengkapi dengan konten visual yang mendukung (foto dan video)
  6. Konten yang panjang (lebih dari 1000 kata) berpotensi lebih disukai google

Ada masih banyak lagi pertimbangan, tetapi intinya kurang lebih seperti itu.

Jasa content writer

2. Kecepatan Loading Web/Blog

Hal kedua yang menjadi point faktor SEO On Page 2020 adalah kecepatan loading sebuah blog. Tidak ada yang senang menunggu. Apalagi hanya untuk sekedar membuka sebuah blog.

Jika blog kamu lalod, sebaiknya say good bye aja sama pengunjung.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh unbounce.com pada tahun 2020, konsumen tidak akan mau menunggu hingga lebih dari 3 detik sampai sebuah website terbuka.

data kecepatan loading blog

Google sendiri telah mengumumkan bahwa kecepatan website adalah salah satu faktor kunci untuk menentukan rangking sebuah website.

Untuk mempercepat loading blog banyak cara yang bisa dilakukan. Diantaranya, menggunakan plugin Cache, memiliih hosting provider yang baik, menggunakan kompresi pada gambar dan lain sebagainya.

Untuk lebih detailnya kamu bisa membaca artikelnya Kang Herman Yudiono di sini.

3. Mudah di Navigasi

Google hanya ingin satu. Menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Istilahnya user experience (UX). Karena itulah konten dan kecepatan blog begitu penting.

Selain itu, kemudahan website kamu untuk dijelajahi juga merupakan faktor yang dianggap mempengaruhi pengalaman pengguna. Karena itu google mengutamakan navigasi website kamu sebagai salah satu faktor On Page Seo yang wajib diperhatikan.

Menu navigasi yang baik, membuat pengguna bisa memahami isi dari website kamu. Dimana mereka sedang berada, dan kemana mereka harus menuju. Jika terlalu banyak link atau menu navigasi, pengunjung akan tersesat.

Agar membuat navigasi yang mudah banyak hal yang bisa dilakukan, semisal mendesain website yang sederhana dan tata letak yang baik, menggunakan sitemap, dan menu-menu yang sesuai harapan pembaca.

4. Mobile Friendly Website

Menurut data dari searchengineland.com sebanyak 60% pencarian kini berasal dari mobile device. Bayangkan, lebih dari separuh total pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses website.

Itulah mengapa google secara resmi juga mengumumkan bahwa First mobile index sebagai faktor yang menentukan rangking sebuah website.

Nah, apakah website kamu sudah mobile friendly?

Mobile friendly adalah ketika website kamu tampil sempurna di perangkat smartphone, sebagaimana jika diakses menggunakan komputer atau laptop.

Untuk mengeceknya, gunakan tools gratis dari google bernama, mobile friendly test.

test mobile friendly

5. Keamanan Website

Keamanan website juga menjadi salah satu poin penting yang mempengaruhi On Page SEO. Mengingat maraknya cybercrime, pencurian data dan sebagainya, google betul-betul menaruh perhatian lebih terhadap hal ini.

Website yang tidak memiliki sertifikat keamanan (SSL), akan ditandai oleh browser sebagai “not secure”. Dan pengunjung diharapkan berhati-hati dalam memberikan data-data penting apapun.

Karena itulah sertifikat SSL menjadi sebauh keniscayaan.

SSL adalah lapisan keamanan yang akan melindungi lalu lintas data dan informasi di dalam sebuah website, sehingga aman dari pihak ketiga seperti hacker.

Untuk mendapatkan sertifikat SSL, kamu bisa membeli di CA (Certificate Authority). Atau bisa juga mendapatkan SSL gratis yang banyak tersedia. Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya cara mendapatkan SSL Gratis dari Cloudflare.

6. Meta title & Deskripsi Website

Meta title adalah judul website kamu yang tampil di laman pencarian google. Judul menjadi penting sebab ini menjadi salah satu poin pertimbangan google dalam menilai seberapa dalam tingkat authoritativeness sebuah website.

Jika judul kamu sesuai dengan konten yang kamu bagi di blog, maka google akan semakin menganggap anda expert atau ahli di bidang tersebut.

Begitupun dengan deskripsi. Adalah serangkaian kalimat yang menggambarkan keseluruhan website kamu.

Jika di dunia nyata, deskripsi ibarat tagline yang membuat orang lain (target market) memahami website kamu dengan lebih baik.

7. Image Alt tag

Image alt adalah kata yang mendeskripsikan tujuan atau arti sebuah gambar. Google membaca image alt ini dalam memahami apakah konten kamu mampu memberikan solusi atau pengalaman membaca yang lebih baik kepada pengguna.

Kembali lagi kepada user experience, kan?

8. Struktur Permalink

Permalink adalah struktur URL untuk mencapai sebauh laman pada website kamu. Banyak yang menyebutkan google menyukai struktur permalink yang pendek dan sederhana.

Contohnya seperti ini:

permalink pendek

Untuk pengaturan permalink di wordpress, pilihlah struktur permalink “post name” seperti berikut ini:

struktur permalink wordpress

9. Inbound Link & Outbond Link

Link dari dulu memang menjadi salah satu poin utama dalam SEO, baik on page maupun off page. Hanya saja banyaknya penyalahgunaan penggunaan link, bikin google betul-betul menyeleksi penggunaan link sebuah website.

Untuk SEO On page, In bound link (link menuju laman lain di website) pun masih diperhatikan. Fungsinya selain selain untuk memberikan informasi yang lebih jelas kepada pengunjung, Inbound link juga menunjukkan bahwa blog kamu memiliki navigasi yang baik dan mudah.

Sementara Outbbond link adalah link menuju website lain. Apa fungsinya?

  1. Sebagai sumber referensi terpercaya atas artikel kita. Ingat salah satu kriteria konten yang baik? Ya, memiliki data dan fakta dari sumber yang terpercaya. Karena itu, pilihlah untuk memberikan outbond link kepada sumber yang kredibel dan memang relevan.
  2. Memberikan rujukan lebih komprehensif kepada pengunjung. Sesuatu yang tidak bisa kita jelaskan panjang lebar, bisa kita arahkan kepada sumber berkualitas lain.

Penggunaan inbound dan outbound link yang tepat akan bermanfaat dalam meningkatkan performa SEO website kamu.

Nah, itulah 9 faktor utama SEO On Page 2020, mana yang menurut kamu paling penting?

Kesimpulan, User Experience Adalah Segalanya

SEO On Page memang penting, tetapi apalah artinya jika website kamu tidak memberikan apa apa kepada pengunjung.

So, dari semua langkah-langkah di atas, sebenarnya semuanya bermuara pada satu hal; User Experience (pengalaman pengunjung).

Jadi, agar disukai google, pertama kamu harus disukai juga oleh pengunjung. Sebab google menggunakan prilaku pengunjung dalam merangking sebuah website.

Jika mindset kita adalah memberikan yang terbaik kepada pengunjung, maka semua faktor SEO On Page 2020 di atas, sudah pasti akan kita pahami dengan baik.

Sekian, bagaimana menurut kamu?

***

Ini adalah artikel SEO dan Blogging. Ingin artikel konten seperti ini di website anda? Pelajari jasa content writer kami, atau hubungi melalui email di bisnis@edwardrhidwan.id.

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment

error: Content is protected !!