cara pasang ssl cloudflare

Diupdate 2020, cara pasang SSL Cloudflare kini lebih simple. Ada beberapa tahapan yang telah dihilangkan. Bikin kamu makin mudah melakukannya. Seperti apa caranya? Artikel ini akan membahas 5 Langkah Mudah cara memasang SSL dari Cloudflare di blog wordpress.

***

SSL adalah salah satu hal yang paling penting untuk keamanan website saat ini. Dengan SSL, lalu lintas data dan informasi di website akan terlindungi. Sehingga pihak ketiga seperti hacker tidak akan bisa mencuri data website kita.

Selain untuk keamanan data website, SSL juga sangat penting untuk SEO maupun untuk pengunjung. Bagi SEO, SSL adalah salah satu faktor yang mempengaruhi posisi website di mesin pencari.

Sementara, menurut survey dari Godaddy, 60% konsumen memilih SSL sebagai poin pertama yang menentukan kepercayaan pada sebuah website atau bisnis online. Artinya ketika website kamu tidak terpasang SSL, maka pengunjung tidak akan percaya. Ini wajar sebab keamanan data menjadi sangat penting, ditengah maraknya pencurian data dewasa ini.

SSL Gratis Selamanya dari Cloudflare

Sayangnya untuk mendapatkan sebuah sertifikat SSL anda perlu keluar uang. Tergantung jenis SSL-nya, biasanya harga untuk membeli sebuah sertifikat SSL berkisar antara 100 ribu hingga satu juta rupiah.

Bagaimana jika belum punya dana membeli SSL berbayar?

Tenang saja, ada banyak penyedia SSL gratis di internet. Salah satu yang terbaik adalah SSL Gratis dari Cloudflare.

Meski Cloudflare sejatinya adalah sebuah CDN (Content Delivery Network), tapi mereka juga menyediakan SSL untuk memproteksi keamanan website yang menggunakan jasa mereka.

Sertifikat SSL dari Cloudflare bersifat fleksibel SSL. Artinya antara browser pengunjung dengan server cloudflare menggunakan jaringan https, namun cloudflare terhubung dengan blog kita tetap menggunakan http.

Untuk perlindungan sederhana, dengan lalu lintas data yang tidak terlalu tinggi, hal ini sudah cukup untuk website anda. Di browser pun akan menampilkan tanda gembok pada website.

Jika ingin perlindungan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan SSL berbayar.

Lantas bagaimana cara pasang SSL Cloudflare di blog wordpress?

6 Langkah Mudah memasang SSL Cloudflare di WordPress

Untuk cara pasang SSL Cloudflare di wordpress, langkahnya cukup simple. Yang anda butuhkan hanyalah akses ke administrator domain dan dashboard wordpress anda.

Bagaimana caranya?

  1. Daftarkan domain website di Clodflare
  2. Arahkan nameserver domain ke Cloudflare
  3. Aktifkan flexibel SSL di Cloudflare
  4. Install plugin Cloudflare Flexibel SSL di wordpress
  5. Ubah site address wordpress kamu

Langsung saja, berikut step by stepnya…

1. Daftarkan Website di Cloudflare

Untuk mendaftarkan website anda pada layanan Cloudflare, pertama anda harus login terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun silahkan mendaftar menggunakan alamat email kamu.

Selanjutnya setelah login, klik tombol “Add site“. Dan masukkan nama domain anda.

add site cloudflare

Klik “Continue” dan pilih free plan.

Selanjutnya akan ada instruksi untuk mengarahkan Nameserver domain ke Cloudflare. Catat kedua nameserver yang diberikan Cloudflare.

2. Arahkan Nameserver domain ke Cloudflare

Langkah kedua adalah mengarahkan nameserver domain ke Cloudflare. Untuk melakukannya, kamu perlu mengakses administrator domainmu.

Di laman admin domain, buka nameserver domain. Pilih “use custom nameserver,” kemudian masukkan nameserver dari Cloudflare tadi.

update nameserver cloudflare

Klik “Change Nameserver.”

Selanjutnya kembali ke laman dashboard Cloudflare kamu. Pada tahap ini klik tombol “Done, Check Nameserver“.

3. Aktifkan Flexible SSL

Setelah itu, kamu akan diarahkan secara otomatis ke laman konfigurasi. Di sini kamu bisa langsung memilih jenis SSL yang kami inginkan. Di sini, kita Pilih “Flexible“.

aktifkan flexible ssl cloudflare

Setelah itu, jangan lupa untuk redirect domain dari http ke https.

http ke https

Klik “Save“.

4. Install plugin Cloudflare Flexible SSL di wordpress

Langkah keempat adalah menginstall plugin Cloudflare Flexible SSL di blog wordpress.

Seperti plugin lain, silahkan ketik “Cloudflare Flexible SSL” di kolom search plugin. Selanjutnya tinggal klik “install” dan “aktifkan“.

Install plugin Cloudflare Flexible SSL

Kamu tidak perlu melakukan setting konfigurasi apa-apa di sini. Plugin ini akan bekerja menghubungkan blog wordpress-mu dengan sertifikat SSL dari Cloudflare.

5. Ubah site address wordpress

Langkah terakhir, kamu tinggal mengubah site address wordpress yang ada di wordpress setting.

Untuk melakukannya, masuk ke menu pengaturan/setting.

kemudian ubah Alamat Situs (URL) dari protokol http menjadi https.

ubah site address wordpress

Selesai.

Sampai di sini semua pengaturan sudah selesai. Selanjutnya kamu tinggal menunggu Cloudflare melakukan propagasi. Biasanya kurang dari sejam, websitemu sudah terhubung. Jika berhasil, kamu akan mendapatkan pemberitahuan via email.

Selamat, SSL Kamu Sudah Terpasang!

Jika semua langkah-langka kamu lakukan dengan benar, maka kamu akan melihat alamat domain di browser sudah tergembok. Itu artinya, website kamu sudah aman dari tangan-tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikian panduan tentang cara pasang SSL Cloudflare di blog wordpress kali ini. Semoga bermanfaat.

***

Ini adalah artikel tutorial & blogging. Ingin artikel konten seperti ini di website anda? Pelajari jasa content writer kami atau hubungi melalui email: bisnis@edwardrhidwan.id

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment