Cara Menulis Artikel SEO: 3 Kunci Utama Wajib Kamu Pahami!

Cara Menulis Artikel SEO

Bagaimana cara menulis artikel SEO friendly? Mengapa artikel yang saya buat susah banget untuk tembus halaman pertama? Bagaimana sih sebenarnya google menilai sebuah konten artikel?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini memang menjadi momok bagi para content writer, blogger maupun digital marketer.

Tak jarang artikel yang kita buat panjang lebar, dengan riset yang mendalam sulit sekali pejwan. Sementara artikel yang nulisnya biasa-biasa aja kok bisa muncul?

Nah, di post ini saya akan khusus membahas hal tersebut.

Kita akan membahas tentang 3 prinsip kunci dalam menulis artikel yang disukai oleh google dan pembaca.

Ketiga prinsip inilah yang saya gunakan dalam menulis artikel dan rata-rata muncul di halaman pertama. Kalo kamu memahami dan menerapkan hal ini, maka saya jamin peluang untuk pejwan akan besar sekali.

So, yuk kita simak

3 Kunci Utama Menulis Artikel SEO

Artikel yang SEO friendly (muncul di halaman pertama google) itu ada rumusnya. Gak bisa sekedar nulis konten, kemudian berharap-harap cemas bisa pejwan.

Kalo polanya kita pahami, maka selanjutnya kita tinggal melatih kemampuan menulis kita biar semakin terasah.

Nah, berdasarkan pengalaman dan pembelajaran yang saya lakukan, paling tidak ada 3 prinsip penting dalam menulis konten.

Baca juga: 8 Jurus Menulis Artikel Blog Dengan Mudah & Berkualitas

Apa aja?

#1. Kualitas konten

Gak dipertanyakan lagi, google betul-betul mengutamakan kualitas dari sebuah konten.

Tujuan google cuma 1:

Ingin memberikan konten berkualitas tinggi untuk penggunanya.

Karena itu, hal pertama dalam membuat konten yang seo-friendly adalah memastikan konten artikel kamu berkualitas super.

Pertanyaannya:

Gimana cara membuat artikel yang berkualitas tinggi?

Lakukanlah competitor analysis!

  • Cek 5 website teratas yang muncul di halaman pertama google
  • Perhatikan jenis dan format konten yang pejwan itu. Apakah listicle, apakah panduan (how to) yang panjang, apakah review atau seperti apa.
  • Catat pula kelebihan dan kekurangan masing-masing website tersebut yang menurut kamu jadi faktor penting yang bikin dia muncul di halaman pertama.
  • Perhatikan juga bagaimana mereka menempatkan kata kunci dan LSI (kata sinonim/berkaitan)

Selanjutnya buatlah artikel konten yang 10x lipat lebih dari dari website-website tersebut.

#2. Kredibilitas Sumber

Prinsip kunci kedua ini berkaitan dengan algoritma google E-A-T dan YMYL.

E-A-T: Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness.
YMYL: Your money, your life.

Maksudnya, untuk topik-topik yang mempengaruhi hidup, keuangan, kesehatan orang, (YMYL) Google sangat mengutamakan artikel itu dibuat oleh orang yang memang punya expertise dan keahlian di bidang tersebut (E-A-T).

Jadi, google bukan sekedar menilai apa yang ditulis. Tapi juga siapa yang menulis itu.

Bagaimana best practice-nya?

  1. Di bawah judul, beritahu google siapa yang menulis artikel ini. Daripada sekedar menulis “admin” tulislah nama lengkap kamu yang kemudian memberikan link menuju halaman “about”.
  2. Pastikan untuk setiap data, quotes atau keterangan kamu mengambil referensi dari sumber yang memang kredibel.
  3. Berikan outbound link menuju website kredibel yang kamu jadikan rujukan tersebut.
  4. Di bagian akhir artikel, buatlah semacam “author box” yang menjelaskan secara ringkas siapa kamu dan mengapa kamu dapat dipercaya dalam menulis artikel ini.

#3. Relevansi dengan Kebutuhan Pengguna

Prinsip ketiga berkaitan dengan salah satu algoritma terpenting google. Yakni RankBrain.

Singkatnya, RankBrain ini ingin memastikan bahwa hasil pencarian google betul-betul sesuai dengan harapan pengguna.

Jadi begini…

Setiap pencarian di google itu ada tujuannya. Setiap kali orang mengetikkan kata kunci, mereka memiliki harapan mengenai konten seperti apa yang mereka butuhkan. Itulah yang disebut dengan “user intent“.

Sebagai contoh, ketika saya mengetikkan kata “login facebook” di pencarian google, maka tentu saya mengharapkan untuk menuju website facebook. Saya tidak mencari artikel tentang cara bikin akun facebook.

Beda cerita, ketika saya mengetikkan kata “cara menghapus akun facebook” maka tentu saya membutuhkan artikel panduan untuk itu.

Inilah yang disebut dengan user intent.

Nah, secara umum ada 4 jenis user intent yang perlu dipahami:

  1. Informational: pencarian yang tujuannya adalah mencari informasi, panduan atau artikel yang panjang dan lengkap. Contohnya, “cara membuat pancake”, “Sejarah kemerdekaan indonesia”, “siapa itu Thomas Matulessy?” dll.
  2. Navigational: pencarian yang tujuannya untuk membuka suatu halaman web tertentu. Jadi orang yang mencari keyword ini, sudah tau dia mau kemana, hanya saja mungkin gak tau atau malas mengetikkan URLnya. Contoh: “facebook”, “contact lazada”, dll.
  3. Commercial: pencarian yang tujuannya untuk membandingkan berbagai produk atau brand. Biasanya orang yang mencari ini ingin membeli sesuatu produk/layanan, namun ingin mencari review terlebih dahulu. Contoh, “laptop asus gaming terbaik”, “review buku The Psychology of Money”, dll
  4. Transactional: Orang yang tujuannya untuk membeli suatu produk/layanan. Contoh, “jual obat herbal XYZ”, “jual beli chips”, “rental mobil jogja”, dll.

Semakin kita paham apa yang orang cari, maka semakin besar peluang kita untuk bisa muncul di halaman pertama google. Bahkan banyak artikel saya bisa muncul di halaman pencarian teratas, tanpa optimasi berlebihan, murni hanya menggunakan search intent ini.

Kesimpulan: Cara Menulis Artikel SEO

Nah, itulah 3 prinsip penting dalam menulis artikel SEO. Artikel yang disukai google dan dicari pembaca.

Yaitu:

  • Artikel yang berkualitas
  • Dari sumber/penulis yang kredibel
  • Relevan dengan pencarian user

Kalo menurut kamu seperti apa?

Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar