oli pertamina enduro, oli motor terbaik

Bebaskan Langkahmu, Jelajahi Negerimu Dengan Oli Pertamina Enduro

oli motor terbaik enduro pertamina

Gimana rasanya naik motor sejauh 30.000km? Itu seperti bolak balik Jakarta Surabaya sebanyak 40 kali. Bagi yang tak terbiasa, bisa-bisa pantatmu terbakar, sendimu reot, dan tubuhmu lunglai diterpa lelah.

Lagian, Orang gila mana yang mau naik motor 40 kali bolak-balik Jakarta-Surabaya? Sayangnya Ada! Namanya Stephen Langitan, seorang blogger otomotif, menempuh jarak 30.000 km dari Jakarta-London. Naik motor. Sendirian.

Jangan di tanya, perjalanan panjang ini juga bermakna perjuangan panjang. Selain latihan dan persiapan fisik yang super prima, kamu juga mesti memastikan motormu dalam kondisi roso. Kurang sedikit saja, bisa ambyar di tengah jalan.

Satu yang paling krusial adalah urusan oli. Dalam hal ini, tak boleh kau pake oli sembarangan. Pastikan pakai oli motor terbaik, jagoannya oli.

Berhasilnya Stephen menempuh beragam medan, tak lepas dari peran oli motor Pertamina Enduro yang ia percayakan pada motornya.

Oli motor terbaik, pertamina enduro

Antara Millenial, Touring & Pertamina

Touring, motoran, menjelajah sampai negeri antabarantah, memang sudah jadi bagian dari gaya hidup masa kini. Banyak anak-anak muda, berkumpul membentuk sebuah komunitas riding bersama.

Tujuannya, ternyata tak semata ajang gaya-gayaan belaka!

CondorFerries.co.uk dalam Millenial Travel Statistics Trends merilis, bahwa millenial begitu senang berinteraksi dengan penduduk lokal, mempelajari budaya berbeda, serta memperluas wawasan dan jejaringnya. Tak jarang bahkan dijadikan ajang untuk beramal dan berbagi rezeki.

Statistik millenial melakukan travelling

Menyadari hal itu, Pertamina turut serta menjadi bagian yang mendukung gaya hidup positif para anak-anak muda ini. Selain menyediakan produk oli berkualitas untuk menjawab kebutuhan mesin, Pertamina secara aktif melakukan beragam program dan acara seputar touring dan “motoran” lifestyle.

Seperti misalnya Komunitas Pertariders Indonesia, salah satu komunitas motor asuhan pertamina yang rutin mengadakan Charity Through Riding. Touring sembari beramal.

touring sambil berbagi komunitas pertariders indonesia

Pentingnya Perawatan Kendaraan Bermotor

Entah untuk kebutuhan touring, atau sekedar menunjang aktivitas harian, kondisi kendaraan ibarat nyawa yang menopang segala pekerjaan. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan perawatan dan pemeliharaan setiap sendi-sendinya.

Terutama urusan oli. Sebab oli adalah darah bagi kendaraan kita. Kekurangan oli, motormu bisa-bisa pucat, letih, lesu dan pingsan di tengah jalan.

Gak lucu dong, kalo jadi gagal eksis, Cuma gara-gara motornya mogok.

Nah, melalui tulisan ini, kita akan sharing pentingnya memilih oli kendaraan yang tepat. Dan bagaimana oli Pertamina Enduro menjawab kebutuhan kendaraan masa kini yang makin progresif. Sedikit juga saya berbagi pengalaman menggunakan Oli Enduro Matic SAE 10W-30 untuk motor matic andalanku.

saya pakai oli motor terbaik enduro

Enduro, Oli Motor Terbaik Pilihan Masyarakat Indonesia

Sebagai anak perusahaan pertamina yang berfokus pada industri pelumas kendaraan, PT. Pertamina Lubricants, sejak dulu dikenal sebagai produsen oli motor dan oli mobil berkualitas tinggi dan terbesar di tanah air.

Untuk menjawab kebutuhan kendaraan jaman now, Pertamina melakukan berbagai inovasi pada produknya, seperti menghadirkan pelumas dengan tingkat partikel terkecil untuk menyesuaikan dengan karakteristik kendaraan masa kini.

Pertamina lubricants fastron enduro

Fastron dan Enduro, adalah dua brand andalan Pertamina di bidang pelumas kendaraan. Fastron sebagai oli kendaraan roda empat, sementara Enduro berhasil menjadi pilihan oli motor terbaik untuk para pengguna sepeda motor.

Ini bukan kata saya.

Tapi kata, survey Nielsen Consumer Research Indonesia yang kemudian berbuah penghargaan Superbrand Award 2017, menempatkan oli Enduro sebagai pilihan terbaik konsumen jaman now di bidang “automotive lubricants. Disusul penghargaan sebagai The Product Innovation of The Year, pada ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2018.

Dua penghargaan ini, dan sederet penghargaan lainnya, menjadi bukti bahwa Oli Motor Enduro begitu dicintai oleh warga +62.

enduro raih penghargaan oli motor terbaik superbrand award 2017

Sementara itu, tak beda jauh dengan adiknya, Fastron sebagai pelumas roda empat, pun berhasil menyabet penghargaan sebagai Top Brand Award 2019 kategori 4 Wheel Engine Lubricants.

Tak berhenti di situ, Fastron juga berhasil menoreh prestasi di kancah internasional dengan dipilihnya Pertamina sebagai Technical Partner Automobili Lamborghini. Perusahaan Supercar dunia itu. Ini artinya, Fastron akan menjadi produk resmi yang menemani Lamborghini di setiap event motorsport mereka.

Auto-bangga hasil karya anak bangsa mampu berkibar namanya di kancah global.

Mengapa Oli Pertamina Cocok Untuk Kendaraan Masa Kini?

As I said before, Secara karakteristik, millenial menyukai tipe kendaraan yang mampu menunjang mobilitas tinggi, eazy riding, kaya fitur canggih, irit bahan bakar sekaligus desain yang trendy.

Hal ini bikin produsen sepeda motor berlomba-lomba menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dari sisi mesin, otomatis sepeda motor masa kini sedikit banyak berbeda dengan motor-motor lawas.

Dilansir inews.id, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants, Agung Wibowo mengatakan, kompresi mesin kendaraan sekarang makin tinggi. Ini seiring dengan inovasi yang dilakukan pabrikan sepeda motor dalam membuat sepeda motor yang lebih efisien.

Celah ring piston misalnya, dibuat semakin tipis. Sebab celah yang tipis akan menghasilkan kinerja mesin yang lebih kencang dan efisien. Karena itu menurut Agung, dibutuhkan jenis pelumas yang memiliki partikel ultra kecil hingga ukuran nano. Agar dapat mengisi celah kecil tersebut.

Nah, pada titik inilah pertamina hadir dengan inovasi Nano Guard Technology pada produk pelumasnya. Dengan teknologi ini, oli Fastron dan Enduro akan mampu merangsek hingga ke dalam celah yang paling kecil pada setiap bagian mesin. Karena partikel oli seukuran nano itu lebih kecil dari molekul.

Dampaknya, mesin motor jadi tidak cepat aus, lebih dingin, dan hemat bahan bakar.

Nanoguard technology

Juara banget deh, bikin kantong gak bolong! Ditengah gonjang-ganjing dunia persilatan (baca: perekonomian).

Jakarta-London: Bukti Ketangguhan Enduro

Didapuknya Oli Motor Enduro sebagai The Product Innovation of the Year 2018, oleh Majalah Marketeer, bukan tanpa alasan.

Perjalanan solo-riding Stephen Langitan, seorang blogger otomotif, menggunakan sepeda motor Kawasaki Versys –X 250 cc, dari Jakarta menuju London, telah membuktikan ketangguhan oli Pertamina Enduro.

Melintasi perjalanan antar-benua sejauh 30.000 km, melewati 30 negara, dengan berbagai medan, cuaca ekstrim dan kondisi jalan, Seperti Jalan tertinggi dunia, Khardungla Top di Irlandia utara yang punya suhu udara di bawah nol derajat, gurun pasir di Pakistan dan iran, serta pegunungan Alpen di Eropa. Dan akhirnya finish di London. Enduro mematenkan dirinya sebagai jagoannya oli.

Pelumas sepeda motor Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40 yang digunakan dalam petualangan ini, menunjukkan bahwa hasil karya anak bangsa juga mampu mencetak produk berkualitas internasional.

Solo-riding buktikan ketangguhan enduro

Sebelumnya, pertamina memang kerap melakukan kegiatan serupa untuk menunjukkan bukti ketangguhan dan performa produk pelumas lainnya. Seperti misalnya event “Pertamina Fastron-Enduro Touring For Nation” tahun 2010 yang berbuah rekor MURI. Dan event “Ekspedisi Asia-Eropa Pertamina Fastron” tahun 2011.

Yuk! Buktikan Sendiri Ketangguhan Enduro

Semua cerita ini menakjubkan. Tapi gak fair rasanya kalau kita tidak membuktikan sendiri ketangguhan Oli Pertamina Enduro. Karena itu saya mengajak teman-teman untuk menjajal oli Enduro ini.

Beruntung, saat ini Pertamina makin memudahkan kita. Tidak perlu susah-susah nyari bengkel untuk sekedar ganti oli, pasalnya Pertamina telah mengembangkan ratusan outlet Bright Olimart dan Enduro Express di berbagai penjuru Indonesia.

Kamu bisa dengan mudah menemukan Outlet ini di SPBU-SPBU yang ada di kotamu atau di bengkel-bengkel resmi yang ditunjuk Pertamina.

outlet pertamina enduro express

Hal ini sedikit banyak mengurangi kekhawatiran akan maraknya peredaran oli palsu (oplosan) di luar sana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, harga oli motor Enduro yang ada di outlet ini tidak jauh berbeda dengan yang beredar di pasaran. Yang pasti kualitas mutu terjamin.

Kini saatnya, buktikan sendiri ketangguhan oli Pertamina Enduro!

Mudah Memilih Oli Motor Terbaik Dengan Aplikasi Dr. Lube

Dulu, saya juga buta sama sekali masalah oli. Semuanya saya serahkan pada mekanik di bengkel. Tapi faktanya, setiap datang ke bengkel, mekanik pasti akan bertanya pada kita, “mau diganti pake oli apa?”.

Kan jadi bingung sendiri ya…

Buat kamu yang bingung pilih oli yang cocok, kini tidak usah khawatir. Ada Aplikasi Dr. Lube dari pertamina untuk membantu kita memilih oli yang cocok dengan mudah. Tinggal masukkan merek dan tipe kendaraan, maka aplikasi ini akan melakukan mix & match untuk mencari jenis oli yang pas buat motormu.

Bebaskan Langkahmu, Jelajahi Negerimu Dengan Oli Pertamina Enduro 1

Dari aplikasi Dr.lube di atas, oli motor terbaik untuk motor Honda Beat FI milikku adalah Enduro Matic SAE 10W-30.

Secara umum, pelumas sejatinya punya tiga fungsi utama dalam kendaraan:

  1. 1. to lubricate (melumasi)
  2. 2. to cool (mendinginkan)
  3. 3. to clean (membersihkan)

Beda motor, beda karakternya. Otomatis beda pula kebutuhan olinya. Oli motor matic tentu berbeda dengan motor sport. Karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis oli yang cocok untuk motor kita.

Dengan aplikasi Dr.Lube, kita tidak usah galau menentukan jenis oli yang cocok.

Untuk Enduro sendiri, Pertamina menyediakan 6 varian oli untuk masing-masing jenis kendaraan.

varian produk enduro

Pengalaman Menggunakan Oli Enduro Matic SAE 10W-30

Saya pakai Oli Pertamina Enduro untuk si putih Beat FI memang belum lama. Tapi saya pastikan akan pakai sampai lama.

Sebab selama ini, saya merasakan betul manfaat oli enduro bagi stamina motor ini.

Sebelum pakai Enduro, saya gak ambil pusing urusan oli. Semuanya saya percayakan pada bengkel. Apa kata bengkel, ya itu yang saya pakai.

Tapi belakangan, sedikit banyak saya merasakan performa si putih agak menurun. Mendaki pegunungan di daerah Camba, kab. Barru, atau Bulu Dua di kab. Soppeng agak sedikit kepayahan. Meski tidak terlalu berarti, saya merasakan ada sedikit penurunan.

Belum lagi jadi lebih boros bahan bakar. Suara motorpun jadi lebih berisik.

Khawatir, saya coba cari tahu lebih dalam. Lewat rekomendasi beberapa teman, akhirnya saya putuskan untuk ganti oli. Setelah menimbang, pilihan saya jatuh pada oli Enduro Matic SAE 10W-30.

Bebaskan Langkahmu, Jelajahi Negerimu Dengan Oli Pertamina Enduro 2

Betul saja, ternyata si Beat pulih. Seperti dapat suntikan energi baru, ia membandel di tengah jalan. Gesit dan enteng di setiap tanjakan. Plus, jadi jauh lebih irit bahan bakar.

Sebagai gambaran, untuk rute Makassar-Soppeng (+/-160 km), atau sekitar 3,5 jam perjalanan, dulu saya mesti isi bensin 2 kali sekali tempuh. Kini, jika di makassar saya isi fulltank, maka saya cukup mampir sekali isi bensin di Bone, dan saya akan sampai di Soppeng dengan kondisi bensin masih tersisa sedikit.

Jadi sayang banget sama Enduro kalau begini…

Kesimpulan; Saatnya Jelajahi Negeri dengan Oli Pertamina Enduro

Sejak kuliah di jogja, saya memang sudah gemar touring ke mana-mana. Dari Temanggung sampai Banyuwangi, Dari Kawah Dieng sampai jimbaran Bali.

Saat ini, bersama istri saya lagi bahagia-bahagianya meng-eksplor pulau sulawesi. Dari Kab. Bantaeng di selatan, hingga Malili di bagian utara, Oli Pertamina Enduro setia menemani.

Berharap suatu saat nanti, bisa berkelana ke Tanah Dayak atau Bumi Cenderawasih.

Pakai oli pertamina enduro untuk honda beat F1 milikku

Dengan oli kendaraan yang tepat, kita bisa memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima untuk menemani setiap aktivitas sehari-hari. Bagi kamu yang pakai sepeda motor untuk bekerja, ataupun jika kamu seorang bikers yang gemar menjelajah negeri, oli Pertamina siap mendukung semua kebutuhan dan gaya hidupmu.

Dengan Oli motor Pertamina Enduro, tak payah risau dengan performa si kuda besi. Sebab Nano Guard Technology-nya akan melapisi setiap celah terkecil dari mesin, membersihkan dan mendinginkannya. Bikin motor jadi makin bandel, gesit dan tentunya hemat energi.

Pertamina Enduro, oli motor terbaik, pelumas kendaraan masa kini dan masa depan.

Sekian. Semoga berguna. Semoga menggugah.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!