Pikiran Bawah Sadar

Apakah anda sudah paham kekuatan pikiran bawah sadar? Jika tidak, artikel ini akan membimbing anda menemukan kekuatan besar dibalik pikiran bawah sadar serta cara menggunakannya untuk membantu mencapai tujuan yang kita inginkan.

***

Sebagai makhluk Tuhan paling tinggi derajatnya, kita manusia dibekali dengan akal pikiran yang tak diberikan kepada makhluk yang lain. Melalui pikiran ini kita memiliki kemampuan untuk berpikir, bertindak, merasa dan menentukan arah perjalanan hidup kita sendiri.

Melalui pikiran pulalah, kita mengenali mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah untuk ditempuh.

Karena itu mempelajari pikiran dan seluk beluknya bisa jadi adalah salah satu skill paling penting dalam hidup seseorang.

***

Bapak psikologi, Sigmund Freud telah membagi jenis pikiran ke dalam 3 lapis kesadaran. Ego, Id dan Superego.

Dalam bahasa awam, kita mengenalnya dengan:[su_list icon=”icon: list-ol”]

  • Pikiran Sadar (Conscious Mind)
  • Pikiran Bawah Sadar (Subconscious Mind)
  • Pikiran Super Sadar (Superconscious Mind)
[/su_list]

Ketiga jenis pikiran ini memiliki fungsi dan karakteristik masing-masing.

Khusus untuk artikel kali ini kita akan mengupas habis tentang pikiran bawah sadar, peran serta cara penggunaannya.

Harapan saya, setelah membaca artikel ini kita bisa lebih memahami diri kita sendiri dengan lebih baik. Sehingga kita juga bisa membawa diri menjadi manusia yang lebih baik pula.

Sebagaimana sebuah kutipan mengatakan, “Barangsiapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya.”

Apa Itu Pikiran Bawah Sadar?

Pikiran bawah sadar (subconscious Mind) adalah jenis pikiran yang mengendalikan fungsi-fungsi penting dalam diri kita seperti emosi, memori, kreativitas, nilai-nilai, kebiasaan, kepribadian, serta fungsi-fungsi psikologis lainnya.

Tidak ada definisi pasti tentang pikiran bawah sadar dari para ahli. Bahkan Sigmund Freud sendiri mengatakan;[su_quote cite=”Sigmund Freud”]Ketika ditanya tentang pikiran bawah sadar, saya tidak bisa menjelaskannya secara definitif untuk menunjukkan tentang sesuatu yang terletak dibawah kesadaran seseorang. Satu-satunya hal yang menggambarkannya adalah kalimat, “antara sadar dan tidak sadar.” [/su_quote]

Pakar motivasi Brian Tracy, menyebutkan pikiran bawah sadar ibarat bank penyimpanan raksasa di dalam diri kita, yang menyimpan semua memori sepanjang hidup, gudang emosi, keyakinan, kebiasaan, kreativitas kepribadian dan lain sebagainya.

Jadi bisa diibaratkan sebagai RAM di komputer.

Sebagai RAM, pikiran bawah sadar menyimpan semua data, file dan program berjalannya komputer tersebut. Jadi ini adalah bagian terpenting dalam diri kita sebagai komputer berjalan (baca; manusia).

Peran Pikiran Bawah Sadar

Sebagai penyimpanan data dan program, pikiran bawah sadar menentukan cara kita berpikir, bertindak dan merespon sesuatu. Pikiran bawah sadar juga menentukan emosi seperti apa yang kita berikan terhadap suatu hal.

Menurut Sandy McGregor dalam buku Peice of Mind, perbandingan pengaruh antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar adalah 88%:12%. Sebagian ilmuan bahkan menyebutkan angka peran pikiran bawah sadar dalam hidup mencapai 95%.

Jika diibaratkan dengan gunung es, maka pikiran sadar adalah puncak gunung yang terlihat di permukaan. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bagian yang jauh lebih besar yang tidak kelihatan.

(Panduan Lengkap) Memahami & Menggunakan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar 1

Secara gamblang inilah fungsi dan peran pikiran bawah sadar, menurut apa yang saya pelajari sebagai hipnoterapis di The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH);

(Panduan Lengkap) Memahami & Menggunakan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar 2

Memahami Cara Kerja Pikiran Bawah Sadar

Menurut pakar hipnoterapi, Adi W. Gunawan, Pikiran Bawah Sadar bekerja untuk melindungi sang empunya dari hal-hal yang dianggap berbahaya. Baik secara fisik maupun secara emosional.

Intinya Pikiran Bawah Sadar selalu ingin berada dalam kondisi nyaman.

Maka, untuk itu Pikiran Bawah Sadar memiliki mekanisme perlindungan yang sangat kuat dalam menjaga data-data yang tersimpan di dalamnya.

Salah satu contohnya adalah mekanisme trauma dan fobia. Banyak orang menganggap trauma adalah penyakit atau sesuatu yang mengganggu dalam hidup. Tapi faktanya, trauma tak lebih dari cara pikiran bawah sadar melindungi kita dari bahaya.

Trauma terjadi lantara ada sebuah peristiwa di masa lalu yang membuat kita terluka. Peristiwa itu kemudian oleh pikiran bawah sadar disimpan baik-baik. Setiap kali ada hal-hal yang terkait kejadian itu muncul, maka pikiran bawah sadar secara otomatis akan bereaksi dan memberitahu kita bahwa ini adalah sesuatu yang berbahaya.

Bahkan, bila trauma dan fobia itu secara logika bukanlah hal yang berbahaya. Misalnya ada orang takut kucing. Bisa jadi di masa kecilnya, ia pernah dicakar oleh kucing. Sehingga bawah sadar mengartikan kucing itu berbahaya.

Cara lain yang dilakukan pikiran bawah sadar dalam melindungi data-datanya adalah dengan memfilter setiap informasi atau data baru yang ingin masuk.

Tidak mudah memasukkan sebuah data atau informasi ke pikiran bawah sadar. Harus melalui mekanisme penyaringan yang sangat ketat.

Pertama, informasi itu harus melalui kritisnya pikiran sadar, jika dianggap tidak penting dan relevan, maka informasi itu 100% akan tertolak. Jika dianggap sesuai, maka ia akan dipersilahkan masuk.

Tapi tidak selesai sampai disitu.

Setelah masuk, informasi tersebut kemudian difilter lagi oleh filter mental di dalam pikiran bawah sadar. Filter mental itu adalah:[su_list icon=”icon: list-ol”]

  • Filter keselamatan hidup
  • Filter moral/agama
  • Filter benar/salah
  • Filter masuk akal/tidak
[/su_list]

Jika lolos dari keempat filter mental ini, barulah sebuah data diterima dan di simpan. Sebuah data yang tersimpan juga dipengaruhi oleh 3 hal menurut Pak Adi W. agar menjadi program yang efektif. Yaitu: Program tersebut sejalan dengan cara kerja PBS, kedua; kuatnya intensitas emosi, ketiga; tidak ada pertentangan dengan program lain yang sudah ada.

Mengenal RAS; Satpamnya Otak

Di atas kita sudah membahas tentang proses masuknya informasi ke dalam pikiran bawah sadar (PBS). Dan hal pertama yang terjadi adalah melalui kritisnya pikiran sadar.

Kritisnya pikiran sadar ini di dalam neurology, dikenal sebagai RAS. Reticulur Activating System.

Ini ibarat satpam penjaga pintu gerbang otak. RAS ini berfungsi sebagai penyaring informasi sebelum informasi itu masuk ke pikiran bawah sadar.

Dengan RAS, kita menjadi bisa fokus dan tak kewalahan menerima serbuan informasi setiap harinya.

Tahukah anda menurut para ilmuan, menyebutkan bahwa ada 2 juta lebih bit informasi yang menyerbu kita setiap harinya. Mulai dari meja, kursi, buku, angin, warna, orang bicara, suara mobil, AC, model rambut orang lain, dan lain-lainnya. Semuanya adalah informasi.

Berkat RAS, tidak semua informasi tersebut perlu masuk ke pikiran. Dari 2 juta bit informasi itu, disaring hingga pikiran kita hanya menerima raa-rata 5-9 bit per detiknya.

Contohnya, ketika kita sedang dibandara atau stasiun kereta yang ramai. Meskipun ada begitu banyak orang, begitu banyak suara, kita tetap bisa mengobrol dengan lawan bicara kita tanpa terganggu dengan kebisingan yang ada.

RAS adalah alat yang membantu kita fokus dan tidak kewalahan.

Apakah Pikiran Bawah Sadar Bisa Di Program Ulang?

Sampai di sini, kita sudah paham bahwa kita hidup dan bekerja berdasarkan program yang ada di pikiran bawah sadar kita. Persis seperti komputer yang bekerja sesuai dengan program yang terinstal di memorinya.

Bisa dikatakan bahwa semua apa yang terjadi dalam hidup kita hari ini, lantaran program yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita.

Pertanyaannya, bisakah kita menciptakan program sendiri di pikiran bawah sadar kita? Atau bisakah kita menghapus program yang selama ini tidak baik dan menggantinya dengan program baru yang lebih positif?

Beruntungnya, sangat bisa!

Seperti komputer, kita bisa meng-uninstal program yang tidak baik. Kita bisa menginstal ulang sistem operasi jika memang selama ini tidak bekerja dengan maksimal sesuai dengan yang kita harapkan.

Melalui apa yang disebut dengan mind programming, kita bisa memprogram ulang pikiran untuk membantu kita mewujudkan keinginan dalam hidup.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Mind Programming Pikiran Bawah Sadar?

Meskipun mind programming bisa melakukan pemrograman ulang kepada pikiran bawah sadar, tetapi setiap pemrograman itu membutuhkan waktu dan proses yang berbeda-beda.

Ada hal-hal yang tertanam begitu kuat, yang tidak mudah untuk dihilangkang. Misalnya agama dan nilai-nilai hidup yang dianut seseorang. Meskipun bisa, tapi prosesnya akan sangat panjang dan butuh alasan yang sangat kuat dan masuk akal.

Kita bisa melihat seseorang berpindah keyakinan, tapi untuk sampai pada titik itu pasti membutuhkan proses yang panjang dan lama.

Kita bicara tentang program-program positif yang bisa memberdayakan hidup menjadi lebih baik. Misalnya;

  1. #1. Mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang lebih baik
  2. #2. Menghilangkan trauma dan fobia yang mengganggu (meluruskan persepsi tentang hal yang netral)
  3. #3. Menghilangkan emosi negatif yang sudah lama terpendam
  4. #4. Mengembalikan semangat hidup yang hilang
  5. #5. Menghilangkan sikap malas
  6. #6. Menyembuhkan psikosomatis (penyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran)
  7. #7. Memperbaiki citra diri yang salah
  8. #8. Menyelesaikan luka batin dan luka janin
  9. #9. Menyelesaikan konflik dengan orang lain
  10. dan masih banyak lagi yang lainnya…

Cara Menggunakan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Jadi, menjawab pertanyaan bagaimana cara menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar jawabannya adalah: memastikan pikiran bawah sadar memiliki program-program dan data-data positif yang memberdayakan diri untuk mencapai tujuan.

Selanjutnya, biarkan pikiran bawah sadar itu bekerja dengan kekuatan dan keajaibannya sendiri. Adapun hal-hal yang terkait kemampuan pikiran bawah sadar untuk berkomunikasi dengan alam semesta melalui dunia kuantum, sebagaimana yang biasa disebutkan oleh para praktisi LoA (Law of Attraction), itu adalah sifat dan kekuatan bawah sadar secara otomatis. Tugas kita mengisi pikiran bawah sadar kita dengan hal-hal yang memberdayakan. Sebagaimana yang kita inginkan terjadi.

Sebagai hipnoterapis dan mind programmer, saya meyakini cara untuk melakukan pemrograman pikiran bawah sadar adalah dengan afirmasi.

Afirmasi adalah menginput sugesti-sugesti positif berupa kata-kata yang kitaa inginkan terjadi. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan afirmasi. Misalnya melalui terapi afirmasi (hipnosis), melalui membaca buku, ikut seminar, bergaul dengan orang yang positif, atau melakukan self-affirmation sendiri.

Nah, dalam hal ini saya akan memberikan panduan bagaimana melakukan affirmasi kepada diri sendiri dengan efektif, melalui metode self-hipnosis.

Jika belum tahu mengenai hipnosis, silahkan baca dulu penjelasannya di artikel “Apa itu Hipnosis? Ini Definisi Sejarah dan Manfaatnya.”

Singkatnya, hipnosis adalah kondisi sangat rileks, fokus dan nyaman, sehingga kita bisa memasukkkan sugesti ke dalam pikiran bawah sadar, tanpa kritik.

Cara Melakukan Afirmasi Pikiran Bawah Sadar dengan Self-Hipnosis

Dengan memahami cara kerja pikiran bawah sadar, kita bisa melakukan affirmasi untuk memprogram pikiran bawah sadar sendiri dengan self-hipnosis.

Tapi sebelumnya ini yang penting: Pastikan program yang ingin kita instal, tidak bertentangan dengan program lain yang sudah ada di dalam PBS.

Sebab jika ada program lain yang bertentangan, maka pasti tidak akan efektif. Affirmasi berasal dari kata “to affirm” yang berarti memperkuat atau mempertegas.

Bagaimana jika ada program yang bertolak belakang? Anda butuh bantuan hipnoterapis untuk menetralisir program tersebut.

Oke, langsung saja begini caranya:

  1. #1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai dengan jelas dan spesifik. Tidak bisa sekedar mengatakan “saya ingin kaya.” Atau “saya ingin berubah.” Jelaskan dengan detail, tujuan anda. Misalnya “Saya ingin bisa membaca buku 1 lembar setiap sore hari.” Ingat, semakin jelas semakin baik.
  2. #2. Susun kalimat affirmasi anda dengan baik. Singkat, pada dan muda dipahami anak usia 5 tahun.
  3. #3. Ambil posisi dan waktu yang khusus. Pastikan anda nyaman dan terbebas dari gangguan. Salah satu waktu terbaik adalah sehabis sholat jika anda muslim. Waktu terbaik lain adalah sebelum tidak. Riset menunjukkan ini adalah saat ketika gelombang otak berada di alfa dan theta. Sangat baik untuk sugesti.
  4. #4. Silahkan relax-kan tubuh, jiwa dan pikiran. Bila perlu gunakan musik relaksasi untuk membantu anda.
  5. #5. Sampai anda benar-benar relaks, (salah satu cirinya adalah ketika pikiran anda sudah melayang bebas tanpa batas dan tanpa aturan). Itulah moment terbaik untuk mengucapkan kalimat afirmasi anda.
  6. #6. Ucapkan berulang-ulang. Jika ingin lebih maksimal ada baiknya anda merekam suara anda sebelumnya, dan tinggal mendengarkan rekaman tersebut berulang-ulang.
  7. #7. Lakukan visualisasi. Bayangkan diri anda sudah mencapai atau melakukan tujuan tersebut. Lihat, dengar dan rasakan pengalaman itu senyata mungkin.
  8. #8. Amplitudo (lipat gandakan) sensasinya. Bila anda merasa bahagia, tingkatkan sampai 10, 10, 50, 100 kali lipat perasaan bahagia itu.
  9. #9. Akhiri sesi self hipnosis anda dengan sugesti dan anchor positif. Bunyinya, “Mulai sekarang dan seterusnya, saya menjadi…. (isi dengan kalimat afirmasi anda.)
  10. #10. Selesai.

Kesimpulan

Memprogram pikiran bawah sadar adalah cara untuk mencapai apa yang kita inginkan dengan menggunakan kekuatan dan cara kerja pikiran. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa mereka selalu gagal dalam setiap tindakannya?

Kemungkinan besar, Jawabannya bukan pada tindakannya, melainkan karena adanya program di pikiran bawah sadar yang menghambat kesuksesan.

Memahami cara menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar adalah skill penting untuk menunjang kesuksesan di masa depan.

Sekian semoha berguna. Semoga menggugah!

***

Jika butuh bantuan lebih lanjut, saya akan dengan senang hati membantu. Hubungi saya melalui WA di: http:wa.me/6282187890423

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment