Digital Marketing

Lakukan Ini Untuk Setting Dasar WordPress Anda Agar Optimal

So, Anda sudah install website wordpress anda untuk pertama kali, dan bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Nah, pada artikel kali ini Edward rhidwan akan share tentang pengaturan atau setting dasar wordpress pertama kali, agar website anda semakin maksimal. Baik secara performa maupun dari sisi Search Engine Optimization (SEO).

Ketika, pertama kali anda menginstal website anda, maka semua akan mengikuti pengaturan bawaan dari wordpress itu sendiri. Nah karena itu, sebelum anda mengubah apapun, termasuk posting artikel, mengganti theme, memasang plugin, maka penting banget untuk melakukan setting atau pengaturan dasar agar website anda makin maksimal.

Setting awal yang benar akan memberikan pengaruh pada performa atau kinerja website anda ke depannya. Baik dari sisi space hosting, kecepatan loading website maupun dari sisi SEO (Search Engine Optimization).

2 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Menginstall WordPress

Nah, dalam setting awal setidaknya ada 2 (dua) hal yang harus dilakukan pertama kali. Yakni;

  1. Menghapus default post, page, comment dan plugin
  2. Melakukan pengaturan umum wordpress

gimana caranya?

Login Dashboard Area

Untuk melakukan semua hal itu, silahkan anda login ke dashboard area website worpress anda. Biasanya alamatnya di namadomain.com/wp-admin.

Lakukan Ini Untuk Setting Dasar Wordpress Anda Agar Optimal 1

Masukkan username dan password anda. Kemudian klik tombol “login“.

Selanjutnya akan muncul tampilan awal dashboard wordpress anda seperti ini:

tampilan dasar dashboard wordpress

Hapus Default Post, Page, Comment, dan Plugin

Nah, hal pertama yang anda lakukan adalah menghapust post bawaan (default post) wordpressnya. Untuk melakukanya, perhatikan menu sebelah kiri, pilih post > all post.

delete default post wordpress

Kemudian hapus post yang berjudul Sample Post, dengan mengklik trash. Kemudian selanjutnya buka menu trash yang ada pada bagian atas, dan klik delete permanently.

Lakukan hal yang sama untuk bagian comment, plugin dan page.

Khusus untuk page, anda bisa memilih untuk menghapus page “Privacy Policy” atau membiarkannya. Privacy policy adalah laman yang berisi tentang kebijakan privasi terkait website anda. Sehingga pengunjung bisa tau bahwa website anda lebih aman.

Selain itu, banyak pelaku SEO yang beranggapan bahwa privacy policy juga merupakan hal penting di mata google.

Saya sendiri memilih untuk tidak menghapusnya.

Lakukan Setting Dasar WordPress Secara Umum

Hal kedua yang perlu anda lakukan adalah mensetting wordpress anda agar lebih maksimal.

Untuk melakukannya, silahkan masuk ke menu “setting“. Pada bagian ini, setidaknya ada 4 pengaturan yang penting untuk dilakukan. Yakni umum, membaca, privacy dan permalink.

Sementara untuk bagian menulis, media, diskusi, saya biarkan seperti bawaannya. Namun anda juga bisa mensetting sesuai keinginan anda.

  • Pengaturan Umum:
    Ganti judul situs, slogan, bahasa dan zona waktu sesuai dengan website dan lokasi anda. Setelah itu klik tombol simpan perubahan.

    pengaturan umum wordpress
  • Pengaturan Membaca:
    Pada bagian “tampilan beranda anda“, anda bisa memilih apakah ingin menampilkan satu halaman statis (tetap) sebagai tampilan awal atau ingin langsung menampilkan posting artikel terbaru anda. Bagi pelaku bisnis umumnya, menggunakan halaman statis sebagai tampilan beranda. Namun bagi seorang blogger, umumnya pos-pos digunakan sebagai tampilan beranda.

    Selanjutnya, pada bagian “Untuk setiap pos dalam feed, sertakan” pilih “ringkasan“. Kemudian klik “simpan“.

    pengaturan membaca wordpress
  • Pengaturan Permalink:
    Pastikan anda memilih format permalink “post name” (nama tulisan). Inilah struktur link url yang paling direkomendasikan untuk mengoptimalkan SEO website anda.

    pengaturan permalink wordpress

    Dengan struktur link seperti ini anda bisa menaruh keyword (kata kunci) pada judul dan permalink website anda.
  • Pengaturan Privacy:
    Pada bagian ini, anda tinggal memilih opsi “privacy policy” kemudian klik “gunakan halaman ini“.

    pengaturan privacy

Nah, itulah cara setting wordpress untuk pertama kali yang bisa anda terapkan pada website anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa liat di video dari channel youtube bang rhidwan berikut ini:

Ingat, ini hanyalah pengaturan dasar saja. Selanjutnya masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan website anda. Karena itu, silahkan masukkkan nama dan email anda pada bagian atas blog ini, untuk berlangganan dan mendapatkan tips dan update terbaru seputar website, SEO dan tips digital marketing lainnya.

Sekian. Selamat mencoba.

Edward Rhidwan

Edward adalah seorang penulis dan Trainer di bidang Career & Self Development. Majalah Cosmopolitan menyebutnya sebagai "Pakar Motivasi Karir".

Recommended Articles

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *