4 Cara Memanfaatkan Domain Untuk Mempromosikan Bisnis

Memanfaatkan Nama Domain Untuk Bisnis

Saatnya Go Digital Dengan Nama Domainmu!

Memanfaatkan nama domain untuk bisnis – Perkembangan dunia digital membawa angin segar bagi para pengusaha di Indonesia. Tercatat jumlah entrepreneur kita tiap tahun mengalami lonjakan. Menurut data dari Entrepreneur Global Index 2018, index kewirausahaan di Indonesia sudah mencapai angka 3,1 persen. Dan di tahun 2019 ini, diperkirakan akan mencapai angka 5% dari total jumlah penduduk di Indonesia.

Hingga kini tercatat sudah lebih dari 2000 perusahaan start up siap berkompetisi di kancah bisnis nasional. Pun internasional.

Going digital is not an option anymore!

Go digital bukan lagi pilihan. Kita sudah berada di tengah-tengahnya. Mereka yang cerdik melihat peluang, akan kebagian kue. Mereka yang enggan beradaptasi? Ya tumbang!

Contohnya? Giant, Hero, Lotus Departement Store, hingga Ramayana dan Matahari tercatat telah menutup beberapa gerai-gerainya.

Betul kata Darwin, “Yang akan bertahan, bukan yang paling kuat dan besar. Tapi mereka yang mampu beradaptasi.

So, kamu mau go digital? Mulailah dengan mendaftarkan nama domain bisnismu sekarang!

Di artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana strategi memasuki dunia digital, langkah-langkah yang perlu ditempuh, hingga pada pemanfaatan nama domain sebagai identitas digital bisnis kita di masyarakat.

Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat internet menuju sebuah halaman web. Jadi untuk mengakses website tertentu kamu cukup mengetikkan nama domain tersebut di browser, dan secara otomatis akan muncul laman yang diminta. Contohnya, www.usahacateringkamu.com, atau www.bisnisfurniture.co.id.

Apa pentingnya nama domain untuk bisnis? Khusus hal itu saya pernah menulisnya di sini!. Ringkasnya, domain bukan hanya sekedar berguna sebagai alamat url semata, melainkan juga sebagai brand bisnis kamu. Fungsinya pun banyak, mulai dari marketing support 24 jam, customer service, hingga sebagai intangible asset perusahaan kamu!

apa itu domain

Domain Sebagai Strategi Marketing Bisnismu!

Dalam bukunya, “D’Gill Marketing: Think Like There Is No Box,” Pak Ahmad Bambang, Mantan Dirut Pertamina, menegaskan, “Di era disruptive seperti sekarang ini, kompetisi bisnis makin menggila dan tak tentu arah. Kita harus siap menghadapi pesaing dari arah yang tak di duga-duga. Bahkan dari industry yang sama sekali berbeda.

Hotel bukan lagi bersaing antar sesama hotel, tapi juga harus menghadapi ancaman dari perusahaan pengembang web dan aplikasi booking online. Begitupun bank, restoran, klinik kesehatan, lembaga kursus, mall, dan lain sebagainya. Semua bersaing bukan lagi antar pelaku di industri yang sama. 

Termasuk bisnis kamu juga loh!

Karena itu, harus diakui. Dibutuhkan strategi marketing yang gak biasa, menghadapi dunia bisnis yang juga tidak biasa ini.

Jika di-manage dengan baik, Nama domain adalah salah satu tools marketing strategy yang handal. Itulah asset digital yang harus bekerja untuk mempromosikan bisnismu ditengah rimba ini.

Bagaimana caranya?

Apa saja yang bisa dilakukan dengan sebuah nama domain? Bagaimana nama domain bisa membantu mempromosikan bisnis kita? Yuk simak sampai kelar…

domain sebagai marketing strategi 1

4 Cara Memanfaatkan Nama Domain Untuk Bisnis

Sejatinya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sebuah nama domain. Barangkali selama ini kita hanya tahu nama domain sebagai syarat untuk membuat website.

Namun faktanya tidak hanya itu.

Sebuah nama domain juga bisa digunakan untuk berbagai hal lain. Seperti misalnya, sebagai link shortener, mempersonalisasi link dropbox, sampai membuat nameserver web sendiri.

Namun kali ini, kita akan membahas 4 hal yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya menggunakan nama domain.

pemanfaatan domain untuk bisnis

1. Membuat Website Profesional

Ya, seperti yang umum diketahui secara umum. Kita bisa membuat website menggunakan nama domain sendiri.

Namun bukan sembarang website. Tapi website bisnis yang professional.

Meski ada banyak penyedian layanan subdomain gratis di internet, namun demi kredibilatas bisnismu, sebaiknya jangan menggunakan domain gratisan. Sebab menurut survey yang dilakukan pada tahun 2015 menyimpulkan, 77% customer percaya bahwa website dengan domain sendiri membuat bisnis lebih kredibel. Dan customer lebih senang bertransaksi dengan website berdomain TLD (top level domain).

Fasilitas Website Builder Rumahweb

Untuk membuat website professional, anda bisa menggunakan jasa web developer. Namun, jika belum mampu membayar jasa developer, anda bisa memanfaatkan website builder jika membeli domain dan hosting di Rumah Web.

Dengan website builder Rumah Web, kamu bahkan bisa mendesain website sendiri dengan sangat mudah. Bahkan tanpa kemampuan koding dan pemrograman web sama sekali. Dan tampilannya pun tak kalah cantiknya dengan website-website di luar sana.

2. Membuat Email domain sendiri

Pentingnya memiliki email domain sendiri

Selain membuat website, domain juga bisa dimanfaatkan untuk membuat alamat email custom. Jadi bukannya menggunakan alamat email umum (gratisan) seperti “bisniskamu@gmail.com”, tapi bisa menjadi cs@bisniskamu.com.

Lebih keren kan

Survey yang dilakukan oleh verisign pada tahun 2015, menunjukkan fakta bahwa 97% customer lebih mempercayai brand dengan alamat email domain sendiri.

Memiliki alamat email seperti info@perusahaankecap.com, akan sangat berguna bagi kredibilatas bisnis kamu. Baik di mata customer maupun kompetitor. Potongan kata di balik tanda “@” itu berbicara banyak hal kepada konsumen loh. Mereka akan menganggap kamu memang professional dan serius jika menggunakan nama domain perusahaan sendiri.

Dan kredibilitas yang lebih tinggi, berarti trust (tingkat kepercayaan) konsumen terhadap juga kian tinggi. Kalau mereka percaya, mereka akan senang berbisnis dengan kamu.

3. Forward Nama domain ke Laman Social Media

social media

Jika database pelangganmu lebih banyak berkutat di social media, maka kamu bisa memanfaatkan nama domain untuk mem-forward konsumen langsung ke laman social media milikmu.

Jadi begitu pelanggan mengetik nama domainmu di browser mereka, maka mereka akan langsung menuju ke laman social media milikmu.

Ini juga membuat laman media socialmu lebih menonjol dari yang lain. Sehingga konsumen akan semakin percaya pada brand bisnismu.

4. Forward Domain ke Marketplace.

Sama seperti forward ke social media, pilihan lainnya adalah melakukan forward domain ke laman marketplace milikmu.

Ini bisa kamu lakukan jika memang kamu lebih banyak berkutat di marketplace. Dengan melakukan hal ini, akun jualan marketplacemu akan jauh lebih menonjol daripada yang lain.

Apakah Bisa Memanfaatkan Semua Cara Di Atas?

Jawabannya sangat bisa!

Misalnya jika domain utama digunakan untuk halaman website. Kemudian, kamu juga bisa membuat custom email dengan domainmu, seperti info@bisniskamu.com. Biasanya di cpanel domain dan hosting disediakan fasilitas untuk membuat email domain dengan sangat mudah. Sekali klik, maka kamu bisa membuat custom email dengan mudah.

Bukan cuma satu, kamu bisa membuat banyak custom email dengan satu domain. Misalnya marketing@bisniskamu.com, kemudian keuangan@bisniskamu.com, cs@bisniskamu.com, dan promo@bisniskamu.com.

Dengan begini orang akan menganggap bisnis kamu benar-benar profesional, meski sebenarnya semua email itu kamu sendiri yang pegang.

Hal selanjutnya kemudian forwarding url social media dan marketplace. Untuk itu masing-masing kamu bisa menggunakan subdomain dari domain utamamu.

contohnya:

  • fb.bisniskamu.com --> mengarah pada fan page facebook kamu
  • ig.bisniskamu.com --> mengarah pada laman intagram kamu
  • shopee.bisniskamu.com --> mengarah pada laman produk kamu di marketplace shopee
  • bukalapak.bisniskamu.com --> mengarah pada lama produk kamu di bukalapak

Begitu seterusnya bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu.

Keuntungaanya, selain bisnis kamu menjadi lebih terintegrasi satu sama lain, ini juga bisa membangun dan memperkuat brand bisnis kamu di mata konsumen. 

Dengan begini domain kamu menjadi lebih mudah diingat, sebab terdapat di mana-mana.

Lebih Mudah Mempromosikan Bisnis Dengan Nama Domainmu!

Selain untuk fungsi di atas, hal lain yang juga bisa kamu lakukan dengan nama domain adalah mempromosikan bisnismu baik secara online dan offline. Dan dengan nama domain yang brandable dan terintegrasi satu sama lain, maka semua itu bisa menjadi makin mudah dan lebih efektif.

Dalam buku terbarunya, Citizen 4.0, pakar marketing, Hermawan Kartajaya, menyebutkan bahwa, meskipun segalanya serba digital, namun online tidak bisa membunuh offline. Justru dunia online dan offline kemudian menjadi sinergi yang saling menguatkan untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada konsumen.

Alibaba misalnya. Raksasa digital asal tiongkok ini, telah merambah dunia offline terutama ritel.

Kamu bisa menempatkan nama domain kamu di semua materi marketing, seperti brosur, kartu nama, pamflet, company profile, spanduk dan lain sebagainya.

Jadi alih-alih pakai nomor telepon yang sulit diingat, lebih mudah kalau kamu pakai nama domain. Selain lebih mudah diingat juga bikin bisnis kamu terlihat lebih profesional.

Jika seseorang ingin mempelajari lebih jauh tentang produk-produkmu, dengan mudah mereka bisa mengklik nama domainmu di gadget mereka. 

iklan pakai nama domain

Menurut anda, Seberapa efektif iklan itu? Orang yang melihat iklan tersebut di jalan seberapa persen yang akan mencatat nomor teleponnya?

Ya, nihil! Orang tidak punya waktu untuk repot-repot mencatat nomor telepon seperti itu. Apalagi di tengah jalan yang begitu ramai.

Tapi coba bayangkan, bagaimana jika bunyi iklannya seperti ini,

“Kursus Mengemudi? Klik JayaKemudi.com!”

Apakah peluangnya untuk diingat jauh lebih mudah? Silahkan dijawab sendiri!

Sudah Siap? Yuk Daftarkan Nama Domainmu Sekarang!

Jika kamu sudah siap untuk membangun kerajaan bisnismu di internet, maka sekarang saatnya untuk mendaftarkan nama domainmu.

Jangan tunda lagi! 

Sebab jika sudah keduluan orang lain, maka kamu tidak akan bisa mengklaimnya lagi. So jangan sampai ketinggalan dan menyesal belakangan.

Untuk menyewa hosting dan domain, anda bisa berkunjung ke Rumahweb sebagai salah satu penyedia layanan domain murah dan hosting unlimited terpercaya di Indonesia.

Mengapa harus Rumahweb?

Rumah web adalah salah satu penyedia domain dan hosting yang terbaik dan kredibel di tanah air. Mereka menyediakan banyak paket hosting yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Tak usah risau kantong bolong, sebab rumah web menyediakan paket hosting dan domain murah, mulai dari 17.000/bulan. 

Bahkan lebih murah dari biaya sekali nongkrong di coffeeshop favoritmu.

Saya pribadi menggunakan Rumahweb untuk mendaftarkan salah satu domain website saya. Dan selama ini, pelayanan dan performa mereka benar-benar memuaskan. Tak heran, Rumahweb sudah berdiri sejak tahun 2004, dan pelanggan mereka sudah mencapai puluhan ribu orang.

Untuk kebutuhan domain dan hosting, mereka memiliki banyak pilihan paket yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. So, yuk daftarkan nama domainmu sekarang, dan mulai menggunakannya untuk mempromosikan bisnis.

Lebih Jauh Tentang Rumah Web

Berdiri sejak tahun 2002, Rumahweb sudah melayani lebih dari 14.000+ pelanggan di seluruh indonesia. Berawal dari 1 server, hingga kini rumah web sudah menjelma menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar dan terbaik di indonesia.

Dengan itu, mereka sudah mendapat banyak pengakuan dari berbagai pihak. Sebagai provider nama domain, mereka sudah mengantongi akreditasi regestrar dari ICANN dan PANDI. Juga mendapatkan sertifikasi Parallels Certified Service Provider. Ini adalah pengakuan internasional atas reputasi dan kehandalan infrastruktur rumah web.

Dengan mendaftarkan domain dan hosting kamu di Rumahweb, kamu bisa mendapatkan semua fitur dan fasilitas keren untuk mendukung performa website kamu.

Berikut cara meng-order domain di rumah web:

Sekian, artikel tentang pemanfaatan nama domain untuk bisnis. Semoga berguna. Semoga menggugah.

4 Cara Memanfaatkan Nama Domain Untuk Mempromosikan Bisnis 1

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam Rumahweb Blog Competition. #Rumahweb #BlogCompetition

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment

error: Content is protected !!