email profesional untuk bisnis

Tunggang langgang social media, banyak orang menganggap penggunaan email sudah mati. Terganti dengan alat komunikasi lain yang lebih canggih. Faktanya, itu cuma asumsi. Dilapangan penggunaan email kian diminati.

Terutama untuk bisnis, email masih menjadi alat komunikasi bisnis paling efektif yang digunakan oleh para marketer. Bertengger di posisi atas sebagai media untuk membangun awareness, mendulang konversi dan menjaga loyalitas pelanggan digital.

Tanya kenapa?

Sekarang coba bayangkan. Anda lagi asyik jalan-jalan di mall. Tiba-tiba dicegat sama mbak-mbak SPG yang nawarin untuk buka rekening baru di bank mereka. Terlepas dari mbak SPG-nya cantik atau tidak, sedikit banyak anda pasti terganggu kan?

Pada titik itu, anda tidak sedang dalam posisi yang bebas untuk memutuskan membeli sesuatu. Anda seperti ditodong. Tidak ada yang suka ditodong agar mau buka rekening bank, kan? Apalagi beli obat kuat.

Kejadian yang sama terjadi di social media. Lagi seru-serunya scroll manja, tiba-tiba muncul iklan penumbuh jenggot dengan semena-mena. Kesel kan? Duuh Ingin kuberkata kotor.

Bagi sebagian orang, social media itu sifatnya personal. Maunya berhubungan dengan kerabat dan kawan lama. Bukan tempat yang tepat untuk jualan.

Di email, beda cerita. Tidak ada yang menodong anda. Anda punya keleluasaan untuk mengambil keputusan. Anda bahkan tidak perlu membuka emailnya jika memang tidak berkenan. Semua di tangan anda.

Email punya semacam “jarak” profesional yang cukup antara pemilik bisnis dengan konsumen.

Dan itu membuat konsumen merasa nyaman. Ini bukan kata saya. Tapi kata survey dari Campaign Monitor, yang menyebutkan 72% konsumen merasa lebih senang mendapatkan penawaran bisnis lewat email ketimbang media sosial.

72 konsumen lebih memilih email

Poinnya sekarang adalah bagaimana kita menggunakan email untuk marketing agar berhasil. Termasuk bagaimana membuat email kita stand out from the crowd.

Lupakan Email Gratisan

Di internet, ada lebih dari 200 juta email email dikirim setiap harinya. Sebagian masuk kotak spam, sebagian dibiarkan begitu saja (dilirik juga nggak), sebagian langsung di hapus.

Tapi ada juga yang begitu stand out. Menarik perhatian orang. Itulah jenis email yang akan berhasil menggaet hati konsumen.

Pertanyaannya, dengan email gratisan apakah bisa email anda stand out? Mustahil Ferguzo!

Email gratisan seperti “bambank1970@gmail.com,” bukan hanya tidak menarik perhatian, tapi berpotensi besar merusak reputasi bisnis anda. Konsumen tidak akan percaya bahwa bisnis anda profesional.

Faktanya, menurut survey yang dilakukan GoDaddy, email profesional adalah salah satu pertimbangan utama konsumen untuk percaya pada bisnis online. Sebanyak 75% konsumen mengaku lebih percaya pada bisnis yang pakai email profesional dengan doman sendiri.

infografis pentingnya email profesional

Kalau dari emailnya aja udah gak profesional, pasti kualitas bisnis dan produknya juga abal-abal.” Begitu kira-kira keluh kesah konsumen anda.

Apa itu Email Profesional?

Tapi barangkali anda bertanya, emang email profesional itu yang seperti apa sih?

Email profesional adalah email yang menggunakan nama perusahaan anda sebagai ekstensinya. Jadi alih-alih pakai @yahoo.com di belakang nama, anda pakai nama perusahaan atau nama domain website anda.

Apa itu email profesional

Sekarang coba bandingkan kedua alamat email berikut ini:

1). wahyudi_boedi74@gmail.com”

2). sales@rumahweb.com

Dari kedua alamat email di atas, mana yang menurut anda lebih terpercaya sebagai sebuah bisnis yang profesional? Untuk membeli sebuah produk domain dan hosting, mana yang akan anda pilih?

Ya, kita semua sepakat. Email kedua adalah email bisnis yang profesional, kredibel dan terpercaya.

Kedengarannya aja udah beda kan? Tidak perlu ngasih tau saya gimana rasanya, sebab saya paham.

Dengan email bisnis profesional semacam ini, bukan hanya terlihat lebih profesional tapi ternyata ada segudang keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakannya. Mulai dari alasan keamanan, reputasi, sampai management kinerja yang leih efektif.

9 Alasan Pentingnya Menggunakan Email Bisnis Profesional

Jadi apa saja keuntungan menggunakan email profesional? Berikut saya hamparkan 9 alasan kenapa anda kudu pake email bisnis profesional itu.

Alasan pentingnya email profesional untuk bisnis

1. Membangun Kredibilitas Bisnis Anda

Dengan email bisnis profesional, yang menggunakan nama domain perusahaan anda sebagai ekstensinya, maka bisnis anda akan dianggap sebagai bisnis yang kredibel dan besar, baik dimata pelanggan, maupun di mata pesaing.

Orang akan menganggap bahwa perusahaan anda adalah perusahaan besar yang dikelola secara profesional, sebab memiliki database email sendiri. Belum lagi pembagian email per divisi membuat perusahaan anda terkesan lebih besar.

2. Sebagai media pemasaran langsung

Sebuah email juga berfungsi sebagai media pemasaran langsung bisnis anda. Selain konten email, ekstensi email domain seperti “@namaperusahaananda.com” tentu akan membuat orang lain dengan mudah mengenali website anda.

Ketika ingin mencari tahu lebih banyak tentang bisnis anda, konsumen tinggal mengetik “namaperusahaananda.com” di browser mereka, dengan begitu website dan bisnis anda akan tersaji di depan mata mereka.

Beda halnya jika menggunakan email personal seperti edwardmarketing@gmail.com, tentu konsumen akan kesulitan ketika ingin mencari tahu lebih jauh.

3. Membangun kepercayaan di mata konsumen

Dari infografis di atas, kita sudah paham bahwa 75% konsumen lebih percaya terhadap bisnis yang menggunakan email profesional ketimbang email gratisan.

Bahkan penggunaan email bisnis profesional dianggap lebih penting oleh konsumen ketimbang keaktifan sebuah bisnis di social media. Hanya 14% konsumen yang menganggap keaktifan di social media itu penting untuk membangun kepercayaan konsumen.

Artinya, jika anda hanya sibuk update konten dan promosi di social media, tapi lupa menggunakan email profesional, semua dianggap sia-sia. Hmmm!

email profesional lebih penting daripada social media

4. Klik Rate lebih tinggi, minim ditandai spam.

As I said before, dari sekian banyak email yang terkirim setiap hari, ada yang langsung masuk kotak spam, ada yang tidak dibuka sama sekali. Tidak semua email masuk itu dibuka, apalagi dibaca. Klik rate adalah seberapa tinggi kemungkinan sebuah email di inbox di klik dan dibaca.

Nah, email dengan custom domain, ternyata punya peluang yang lebih tinggi untuk dibuka dan dibaca isinya. Selain itu, juga lebih sidikit ditandai sebagai spam. Bayangkan, email yang anda ketik capek-capek, berujung di kotak sampah. Tak dibaca, tak disentuh. Aku tuh gak bisa diginiin.

5. Manajemen kerja/tugas yang lebih baik.

Dengan email profesional, kontrol dan manajemen email sepenuhnya ada ditangan anda. Anda juga bisa membuat alamat email sebanyak mungkin. Semisal anda ingin membagi email per divisi perusahaan.

semisal:

Customer service : cs@bisnisanda.com
Finance : finance@bisnisanda.com
Technis : teknis@bisnis.com
Marketing : sales@bisnisanda.com
SDM : hr@bisnisanda.com

Dengan begini, email masuk tidak akan tumpang tindih satu sama lain. Selain itu, fitur-fitur keren email bisnis profesional seperti flockmail yang disediakan oleh Rumahweb misalnya, membuat pekerjaan jadi lebih mudah untuk diorganisir. seperti fitur thread, kalender, dan screen sharing dan lain sebagainya. (nanti akan kita bahas)

6. Kontrol penggunaan alamat email oleh karyawan

Coba bayangkan gimana ribetnya jika karyawan bagian finance anda resign. Sementara semua data-data ada di email personalnya dia.

Pokoknya ribet deh. Sampai sekarang saya masih sering ditelpon sama mantan atasan saya dulu ketika bekerja sebagai HR staff di sebuah hotel di makassar. Cuma gara-gara banyak data perusahaan yang ada di email pribadi saya. Karena perusahaan tidak pake email bisnis khusus, saya pun harus bolak-balik ke sana cuma untuk itu.

Dengan email profesional hal seperti itu tidak akan terjadi. Kontrol dan manajemen email perusahaan sepenuhnya ada ditangan anda selaku administrator. Saat salah seorang karyawan harus resign, maka dengan mudah anda tinggal mengalihkan akses email “finance@bisnisanda.com” ke karyawan yang baru.

kontrol email anda

7. Menjaga keamanan nama perusahaan dari penyalahgunaan.

Sekarang berapa banyak kasus penipuan lowongan kerja yang mengatasnakaman nama perusahaan besar seperti RS. Siloam, Telkomsel, Garuda Indonesia dan lain sebagainya. Mereka dengan mudahnya membuat alamat email seperti recruitmentsiloam@gmail.com.

Hari ini, siapapun bisa bikin email gratisan menggunakan nama apapun. Bagaimana jadinya jika ada seseorang yang tidak bertanggung jawab, membuat alamat email mengatasnamakan nama perusahaan anda, dan kemudian digunakan untuk tujuan yang tidak benar.

Konsumen yang cerdas, tentu akan dengan mudah membedakan mana informasi iklan yang menipu mana yang tidak. Simply by checking their contact information.

Itulah alasan, mengapa konsumen lebih percaya dengan bisnis yang menggunakan email bisnis profesional dengan domain khusus.

Sebab dengan menggunanakan email profesional, tidak ada yang bisa membuat email tanpa persetujuan anda sebagai administrator.

8. Fitur Backup dan keamanan data email

Dengan email profesional, anda bisa mendapatkan fitur backup email. Ini tentu berguna kalau-kalau ada data yang tidak sengaja terhapus atau data lama yang ingin dibuka kembali.

Berbeda dengan email gratisan, sekali kehilangan email maka anda tidak akan mendapatkannya kembali. Sebab kontrol dan manajemen email bahkan tidak berada di tangan anda.

9. Terbebas Iklan

Dalam email gratisan, tak jarang konten email kita disusupi iklan khusus yang dipasang ISP (internet server porvider). Sebab darisanalah ia mendapatkan profit.

iklan ISP di email gratisan

Hal ini selain berpotensi merusak citra bisnis kita, juga bisa merusak konten email itu sendiri. Sebab konsumen bisa teralihkan dari membaca penawaran kita malah mengklik iklan. Jadi sayang penawarannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Email Bisnis Profesional?

Bagaimana, sudah siap menggunakan email bisnis profesional? Satu-satunya syarat untuk mendapatkan email profesional adalah terlebih dahulu anda perlu memiliki nama domain dan hosting.

Ya, sebab nama domain inilah yang nantinya jadi ekstensi email anda, bukan?

Ketika menyewa domain dan hosting dari hosting provider seperti Rumahweb, maka secara otomatis anda juga akan mendapatkan fitur email akun yang bisa diinstal di cPanel hosting anda.

Dengan fitu ini, anda sudah bisa membuat email bisnis profesional seperti disebutkan di atas. Hanya saja,menggunaan fitur ini tentu terbatas secara fitur dan kapasitas. Belum lagi file email akan terbadi dengan space penggunaan hosting website.

Jika ingin mendapatkan segala manfaat dan keuntungan secara penuh, anda bisa membeli khusus layanan email profesional. Kebetulan, Rumahweb telah menyediakan layanan email bisnis profesional dengan fitur dan kapasitas ekstra tapi dengan harga terjangkau.

Seperti apa? yuk intip!

3 Jenis Layanan Email Bisnis dari RumahWeb

Bagi anda yang ingin mengelola email bisnis secara lebih serius, RumahWeb menyediakan 3 layanan email hosting profesional dengan berbagai fitur dan keunggulan masing-masing.

Ketiganya adalah:

  1. #1. Google Suite: layanan email, doc, drive dan calender menggunakan google apps
  2. #2. Flockmail: layanan email bisnis berkapasitas besar dengan beragam fitur keren
  3. #3. Alimail: layanan email bisnis berkapasitas jumbo dari alibaba cloud
3 layanan email bisnis profesional dari rumah web

1. Google Suite

Google suite adalah layanan email bisnis dengan menggunakan email google. Hanya saja alamat emailnya diformward menggunakan domain sendiri. So, bagi anda yang ingin memiliki email bisnis, namun terlanjur suka dengan gmail, anda tetap bisa mendapatkan keduanya dengan google suite.

Selain gmail, anda juga akan mendapatkan layanan google lain seperti google docs, drive, dan kalender.

Ada 2 pilihan paket yang bisa anda pilih di rumah web seperti berikut ini.

harga gsuite

2. Flockmail

Flockmail adalah layanan email binis terbaru dari RumahWeb. Dengan Flockmail, anda akan mendapatkan email bisnis (@namabisnisanda.com) berkapasitas besar hingga 30GB. Dilengkapi dengan aplikasi mobile (IOS/Andorid) serta aplikasi dekstop (Windows & MacOS).

selain itu, Flockmail juga menawarkan beragam fitur menarik. Bisa membuat anda bekerja dengan lebih mudah dan terorganisir. Mulai dari email thread, calender, contact, hingga video conference dan screen sharing untuk keperluan meeting dengan team.

Anda bisa mendapatkan semua keuntungan diatas dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp. 15.000/- per bulan saja.

harga flockmail

3. Alimail

Jika butuh email hosting dengan kapasitas jumbo, anda bisa memilih Alimail yang menggunakan Alibaba Cloud sebagai storage. Keuntungannya selain kapasitasnya lebih besar, harganya juga jauh lebih murah dibanding dengan Google Suite.

Dengan kapasitas hingga 1 TB anda bisa lebih leluasa menyimpan email-email penting beserta attachment-nya.

dengan hanya Rp. 29.900,- per bulan anda sudah bisa menikmati semua fitur dan keunggulan Alimail.

harga alimail rumahweb

Bagaimana dengan fiturnya?

Alimail hadir dengan fitur-fitur yang bisa membantu kita bekerja lebih efektif dan efisien.

1. Webmail yang lebih cerdas

Pengelompokan email berdasarkan jenisnya, dengan fitur thread, folder dan tagging, membuat anda bisa bekerja dengan lebih mudah dan efisien. Anda dengan mudah mencari email yang anda perlukan.

fitur thread email alimail

2. Time Management dengan Calender

Kerja jadi lebih efisien waktu dengan pengaturan kalender yang tertata. Mengirimkan undangan meeting dan memasukkannya secara otomatis ke dalam calendar hanya dalam satu langkah mudah.

kelola tugas dengan kalender

3. Address Book Individu & Perusahaan

Selain masing-masing individu dapat mempunyai kontak, perusahaan juga dapat memiliki kontak yang dapat diakses oleh individu / karyawan. Membagikan kontak kepada kolega lain menjadi lebih mudah dan dapat diatur permissionnya dengan lebih detail.

address book

4. Task Management

Manajemen task / tugas terintegrasi dengan email, membuat pengaturan pekerjaan menjadi lebih terorganisir. Task memungkinkan team leader untuk memberikan tugas kepada team member dengan deadline tertentu.

task manajemen

5. File Sharing dengan Drive

Drive memungkinkan kita untuk berbagi file pada sesama team member maupun ke pihak lain seperti pelanggan dengan permission yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan kapasitas hingga 10GB, Anda dapat berbagi file dengan lebih leluasa.

file sharing

Tunggu Apalagi, Bangun Kerajaan Bisnismu Sekarang Dengan layanan Email Profesional dari RumahWeb

Akhirnya selesai juga pembahasan kita. Sampai di sini, anda sudah memahami pentingnya penggunaan email profesional untuk bisnis. Serta sudah tahu 3 jenis layanan email bisnis profesional dari RumahWeb.

Tahu semua ini saja tak cukup, saatnya mulai membangun brand bisnismu dengan email porfesional dari Rumahweb.

Mengapa Rumahweb?

Sampai hari ini, RumahWeb adalah salah satu penyedia hosting unlimited terbaik di tanah air. Sudah melayani lebih dari 14.000 orang sejak tahun 2002. Dan masih terus bertambah. Dengan ini semua, kredibilitas Rumahweb di dunia per-hostingan sudah tidak diragukan lagi.

Sekian, semoga berguna. Semoga menggugah.

***

Nb. Artikel ini diikutsertakan dalam RumahWeb Blog Competition Periode III, dengan tema “Pentingnya Penggunaan Email Profesional Untuk Bisnis.

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment