Salah satu hal penting dalam membangun bisnis atau brand adalah membangun awareness.
Atau gimana bikin orang tau dan ngerti dengan brand kita.
(Juga berlaku untuk personal branding).
Di artikel ini, saya akan share tentang 3 jenis konten brand awareness yang bisa kamu gunakan untuk mengkomunikasi brand kamu tersebut kepada target audience (calon pelanggan) kamu.
Ketiga jenis konten ini sangat efektif untuk menarik perhatian audience (pelanggan), memberikan edukasi, hingga membangun ‘trust‘ pelanggan kepada bisnis kita.
Hal ini juga yang saya gunakan untuk membangun brand (baik bisnis maupun personal branding) saya, hingga bisa bertumbuh dengan cepat.
So, yuk kita bahas…
Mengapa Perlu Konten Brand Awareness?
Membangun kesadaran (awareness) mengenai sebuah brand itu membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang.
Sebab ini berkaitan dengan bagaimana orang lain (khususnya target audience) mengerti mengenai brand kita. Bukan cuma tentang apa produk dan layanan yang kita tawarkan, tapi lebih kepada value apa yang ingin kita tunjukkan.
Maka secara ringkas, Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam membangun brand awareness:
- Membuat orang mengerti dengan masalahnya
- Membuat orang mengerti dengan solusi yang ada
- Membuat orang mengerti bahwa kita menyediakan solusi tersebut
- Membuat orang mengerti kelebihan/keunggulan kita dibanding pesaing
- Membuat orang percaya dengan kita
- Membuat orang nyaman dengan brand kita
Semua hal ini perlu dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. Dan ini semua hanya bisa dilakukan melalui konten. Konten-konten yang sengaja di rancang untuk mengedukasi pelanggan.
Baca juga: Panduan Lengkap Membangun Digital Personal Branding
3 Jenis Konten Untuk Membangun brand Awareness
Lantas, konten-konten yang seperti apa sih, yang bisa kita gunakan untuk membangun brand awareness ini?
Ini dia 3 jenis konten brand awareness yang bisa kamu coba!
#1. Konten Edukasi
Konten edukasi adalah jenis konten yang paling banyak dan juga paling efektif untuk membangun brand awereness.
Konten ini berarti memberikan informasi yang bermanfaat, praktis dan aplikatif yang bisa digunakan audience dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan lini bisnis/brand kita.
Ini bisa berupa tips bermanfaat, informasi berharga, panduan, tutorial, lifehack dan lain sebagainya.
Contoh:
- 5 Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur
- 12 website kursus online gratis untuk meningkatkan skill
- Ini 5 tanda mobil kamu butuh di service segera
- 7 Tips memilih jasa penyedia umroh yang amanah
- 20 tempat wisata keren untuk liburan di Toraja
Konten-konten seperti ini akan menarik pelanggan untuk datang ke website atau follow akun sosial media kita. Selain itu juga efektif digunakan untuk mengedukasi audience mengenai sebuah masalah yang mereka hadapi dan solusinya.
Ingat: di dalam membangun awareness, kita belum jualan. Ini murni memberikan orang informasi bermanfaat agar orang tertarik dengan bisnis kita.
#2. Konten Inspirasi
Konten kedua untuk membangun brand awareness yang juga efektif adalah konten inspirasi. Atau cerita-cerita yang sifatnya menggugah orang lain (pelanggan) secara emosional.
Contohnya bisa berupa video pendek yang inspiratif, storytelling, before after pelanggan, testimoni, kisah tokoh sukses, quotes dan lain sebagainya.
@pikiranrakyat Viral! Terekam saat Tunaikan Salat di Pinggir Jalan, Pengayuh Becak ini Tuai Pujian dari Warganet #fyp #viral #videoviral #tiktokberita #religi ♬ original sound – pikiranrakyat
Kekuatan terbesar dari konten inspirasi terletak pada faktor emosionalnya. Sehingga bisa dengan cepat membangun ‘trust’ atau rasa percaya audience terhadap bisnis kita.
Kamu tentu sering melihat banyak jenis video-video inspirasi di tiktok, youtube, atau instagram. Di mana mereka menggunakan storytelling yang sangat menggugah dan menyentuh hati.
Baca juga: Cara menggunakan storytellling dalam promosi bisnis
#3. Konten Rekreasi
Konten rekreasi adalah jenis konten yang sifatnya ringan, lucu dan menghibur.
Contohnya bisa berupa meme, video-video lucu, status-status receh, parodi, quis, pantun, tebak-tebakan seru dan lain sebagainya.
Jenis konten ini sangat efektif dalam membangun relasi yang gak berjarak dengan audience (pelanggan). Sebab memang semua orang pasti suka dengan hiburan. Karena itulah konten-konten hiburan memenuhi semua platform social media seperti facebook, tiktok, youtube dan instagram.
Gunakanlah konten rekreasi untuk membangun brand awareness dan menangkap perhatian audience (pelanggan) kamu.
kesimpulan: jenis konten brand awareness
Nah itulah 3 jenis konten brand awareness yang cocok untuk kamu gunakan dalam menarik audience dan membangun hubungan dengan audience kamu.
ketiganya adalah:
- konten edukasi
- konten inspirasi
- konten rekreasi
Kira-kira dari ketiga jenis konten ini, mana yang paling banyak kamu pakai?
Share di kolom komentar ya?