7 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Artikel SEO

Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Artikel SEO

ChatGPT adalah salah satu tools berbasis AI yang bisa digunakan dalam berbagai hal. Sebagai penulis, kita juga dapat menggunakan tools open AI ini dalam menulis artikel konten.

Di artikel ini saya akan berbagi tips dan trik cara menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel SEO yang biasanya saya lakukan. Mulai dari mencari topik, membuat outline konten hingga meracik meta description yang pas untuk konten kita.

Hasilnya, berbagai metode ini cukup membantu mempermudah pekerjaan saya sebagai SEO Writer.

Yuks simak!

Apa Itu ChatGPT? Apa Aja Fungsinya?

Artikel SEO adalah salah satu hal penting dalam meningkatkan performa website di hasil pencarian Google. Bahkan bisa dibilang, ini adalah kunci utama dalam optimasi SEO.

Namun, menulis artikel yang ramah mesin pencari ini tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan riset, proses dan keahlian dalam meramu konten agar bisa muncul di pejwan Google.

Untungnya, saat ini terdapat berbagai tools berbasis AI yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita.

ChatGPT salah satunya…

Mengutip dari laman resminya, ChatGPT adalah singkatan dari “Chat Generative Pre-trained Transformer”. bahasa alami berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh OpenAI. Teknologi ini menggunakan metode NLP (Natural Language Processing) untuk memprediksi kata-kata dan bahasa yang cocok untuk suatu konteks. Dengan demikian, ChatGPT dapat menghasilkan teks yang cukup kompleks dan bermakna, sehingga dapat membantu dalam berbagai aplikasi seperti generasi teks, terjemahan bahasa, analisis sentimen, dan penelitian informasi.

Tools ini sangat populer belakangan ini, karena kemampuannya dalam melakukan berbagai hal. Kita cukup menuliskan informasi apa yang dibutuhkan dan machine learning ini akan memproses dalam sekejap.

Nah, di artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel SEO.

Baca Juga: Apa Itu SEO? Ini Penjelasan Lengkapnya!

1. Mencari Topik

Memilih topik konten adalah hal yang sangat penting sebelum kita menulis atau membuat artikel. Topik adalah apa poin utama yang akan kita bahas di dalam artikel tersebut.

Tak jarang seorang penulis kebingungan atau kehabisan ide akan topik-topik apa yang harus dibahas selanjutnya.

Bukan cuma itu, selain memilih topik yang tepat kita juga perlu untuk mempertimbangkan bagaimana sudut pandang penulisan topik tersebut nantinya.

Dalam hal ini, ChatGPT dapat digunakan untuk membantu mencari topik-topik relevan yang bisa dibahas terkait dengan bisnis kita.

Contohnya, kita punya bisnis di bidang asuransi, maka dengan bantuan ChatGPT kita bisa mendapatkan cluster topik-topik penting dan banyak dicari orang terkait hal tersebut.

Cara Menggunakan ChatGPT Untuk Membuat Artikel SEO - Mencari Topik

Nah, dengan begini gak ada lagi ceritanya kehabisan ide untuk nulis apa di blog atau website.

2. Mencari Ide Keyword

Setelah menemukan topik yang akan dibahas, maka selanjutnya kita perlu menentukan fokus keyword apa yang akan digunakan dalam Artikel SEO kita nantinya.

Untuk hal ini kamu bisa meminta ChatGPT untuk menyediakan daftar ide-ide keyword populer di topik yang akan kamu bahas ini.

Contohnya seperti ini:

mencari ide keyword

Namun begitu perlu dipahami bahwa keyword yang diberikan ini hanya sebagai ide atau inspirasi. Untuk selanjutnya kita tetap wajib untuk memvalidasi masing-masing kata kunci tersebut dengan melakukan riset menggunakan tools keyword riset yang ada.

Dari hasil riset ini, barulah kita tentukan mana fokus keyword yang mau kita pakai.

Baca juga: 6 Cara Riset Keyword di Google Trend

3. Mendapatkan Rekomendasi Judul Artikel

Hal selanjutnya yang gak kalah penting adalah menentukan Judul Artikel. Sebab judul artikel ini adalah salah satu poin penting yang dinilai Google dari artikel kita.

Jika teman-teman kesulitan menentukan judul, tenang saja! ChatGPT bisa memberikan rekomendasi judul yang bisa dijadikan sebagai referensi.

rekomendasi judul artikel

4. Membuat Outline atau Stuktur Konten

Ini bagian favorit saya dalam cara menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel SEO.

Ya, struktur konten!

Struktur atau outline konten akan menentukan kualitas dan arah konten kita nantinya.

Ini juga akan menjadi pedoman bagi kita penulis dalam menyusun konten. Tanpa outline yang jelas, tulisan kita bisa kacau dan gak sistematis.

Sementara bagi pembaca struktur konten yang baik akan memudahkan mereka dalam mencerna tulisan kita.

Selain itu, ChatGPT akan memberikan rekomendasi struktur konten yang lengkap dan rapi, sehingga konten ini nantinya berpeluang besar untuk bersaing di SERP Google.

membuat outline struktur konten

5. Mencari Informasi dan Materi Konten Secara Langsung

Dalam penulisan konten, gak jarang kita membutuhkan informasi atau data tertentu untuk melengkapi konten kita. Sering juga kita membutuhkan istilah-istilah tertentu dalam menulis sebuah kata.

Sebagai contoh, ketika saya menulis artikel tentang “Waktu Imsak di Bulan Ramadhan“, tiba-tiba saya perlu untuk mengetahui informasi tentang apa perbedaan kata “imsak” dan “imsakiyah” dalam bahasa sehari-hari.

Dengan bantuan ChatGPT, hal ini dengan mudah bisa saya dapatkan. Sehingga saya bisa menulis artikel dan menempatkan kalimat dengan benar.

mencari informasi langsung

Hal yang sama misalnya ketika saya membutuhkan sebuah istilah atau kata lain untuk menjelaskan sesuatu. Atau memberikan variasi diksi dalam sebuah artikel.

6. Rewrite, Translate dan cek Typo

Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat Artikel SEO selanjutnya adalah Rewrite, translate dan cek Typo. Hal ini cukup sering saya lakukan.

Kita bisa menggunakan kemampuan ChatGPT dalam mengelola bahasa yang disebut dengan NLP (Natural Language Processing). Dengan teknologi ini, memungkinkan AI untuk menulis ulang, menterjemahkan dan memeriksa kesalahan kalimat.

Kita bisa meminta AI untuk menulis ulang sebuah kalimat atau paragraf agar menjadi lebih simple dan mudah dipahami. Kita juga bisa secara langsung menggunakannya untuk menerjemahkan sebuah kalimat dari bahasa lain ke dalam bahasa kita.

Dan terakhir kita bisa meminta ChatGPT untuk mengecek kesalahan grammar, typo dan ejaan pada tulisan kita.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dalam proses penulisan konten artikel SEO kita. Sebab disamping Google menyukai artikel yang lengkap, ia juga suka dengan bahasa yang simple dan nihil typo/error.

Baca juga: 6 Langkah Bikin Konten yang Disukai Google

7. Membuat Meta Description

Poin terakhir adalah, bagaimana menggunakan Chat GPT untuk membuat meta deskripsi konten yang baik.

Meta description adalah uraian singkat mengenai isi artikel yang dibahas dan topik utamanya. Meta deskripsi ini digunakan oleh Google dan pembaca dalam mengenali apa isi dari artikel kita. Sehingga mereka bisa paham apa yang akan didapat jika membaca konten ini.

Nantinya bagian ini akan muncul di halaman pencarian google di bawah judul.

contoh meta description

Membuat meta deskripsi untuk artikel SEO tidaklah sembarangan. Kita harus bisa menempatkan kata kunci yang presisi sekaligus poin penting dari konten kita dalam jumlah karakter yang terbatas.

Dalam hal ini ChatGPT bisa membantu untuk merangkai meta description yang optimal untuk artikel tersebut.

membuat meta description

Kesimpulan; Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Artikel SEO

Nah, itulah penjelasan tentang Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Artikel SEO Friendly.

Yakni untuk:

  • mencari topik
  • inspirasi keyword
  • rekomendasi judul konten
  • merangkai outline/struktur konten
  • mencari informasi/pilihan diksi/materi
  • Rewrite/translate/cek typo
  • membuat meta deskripsi

Dari poin-poin di atas, mana yang paling menarik buat kamu?

Shar di komentar ya!

Tinggalkan komentar