Apakah kamu seorang pengusaha atau pemilik bisnis? Sudahkah kamu membangun personal brand kamu sendiri?
Kalo belum, kamu perlu baca artikel 3 alasan pengusaha juga perlu personal branding ini…
Banyak pemilik bisnis yang menganggap bahwa personal branding itu gak penting bagi pengusaha.
‘Kan kita mau bangun branding bisnis. Bukan branding pribadi…’
Ya, betul…
Tapi, taukah kamu bahwa ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membangun personal branding sebagai pemilik bisnis.
Faktanya, berbagai riset dan hasil study menunjukkan bahwa bisnis yang owner atau CEO-nya punya personal branding akan punya peluang sukses yang jauh lebih besar.
Kenapa?
Karena orang lebih percaya dengan ‘individu’ ketimbang dengan ‘corporate’.
Nah, berikut 3 alasan kenapa pemilik bisnis juga butuh personal branding:
Yuk simak!
1. Membangun ‘Trust’ di mata konsumen
Saat ini ‘trust’ adalah mata uang baru dalam bisnis.
Zig Ziglar mengatakan, ‘Kalo orang suka sama kamu, mereka akan dengerin kamu. Tapi kalo mereka ‘trust’ dengan kamu, mereka akan berbisnis denganmu.’
Faktanya untuk membangun trust (kepercayaan) konsumen terhadap sebuah brand itu gak mudah. Butuh waktu dan proses komunikasi yang panjang.
Tapi ini bisa dibantu dengan personal branding yang kuat dari si pemilik bisnis.
Faktanya, menurut riset dari Nielson, 90% orang lebih percaya ‘seseorang’ daripada company.
Orang lebih gampang trust dengan personal brand daripada company brand.
- Followersnya Elon Musk 2x lebih banyak daripada followersnya Tesla & SpaceX digabung.
- Followersnya Richard Branson 10X lipat lebih banyak daripada followers brand Virgin.
Di, Indonesia orang lebih kenal dengan Kang Dewa Eka Prayoga di banding brand-brand bisnis yang ia bangun.
Justru, bisa di bilang salah satu kunci kesuksesan kang Dewa membangun kerajaan bisnisnya adalah personal brandingnya beliau yang begitu kuat. Sehingga orang mau membeli produk/jasa bukan karena produk/jasanya melainkan karena Kang Dewa-nya.
Begitulah pengusaha juga perlu personal branding.
Baca: Cara Membangun Personal Branding di Era Digital
2. Menarik Investor & Peluang Kerja sama
Apa yang dilihat seorang investor dari sebuah bisnis?
Tentu bukan saja profil bisnisnya. Tetapi lebih penting juga profil ownernya. Siapa orang di balik bisnis ini.
Apakah orangnya cukup akuntable? apakah ia kompeten? bertanggung jawab? sejauh mana visinya? Bagaimana dengan leadership skillnya?
Tentu semua ini terjawab kalo kita sebagai pemilik bisnis punya personal branding yang kuat.
Ingat, personal branding bukan cuma soal apakah orang kenal dengan kita atau tidak. Tetapi lebih dari itu orang akan punya keterhubungan emosional dengan kita.
Itulah yang bikin kita mudah dipercaya.
3. Owner gak tergantung sama bisnis
Banyak pebisnis yang terikat dan gak bisa lepas dari bisnisnya.
Ini tentu fatal.
Sebab bukankah tujuan bisnis adalah memberikan financial freedom dan time freedom kepada pemiliknya.
Bisnis itu harus bisa di sistemasi agar bisa tetap berjalan, sementara ownernya jalan-jalan.
Kalo kamu punya personal branding yang kuat, kamu gak akan tergantung pada bisnismu. Justru bisnis yang tergantung sama kamu.
Kesimpulan: pengusaha juga perlu personal branding
Nah, inilah 3 alasan mengapa seorang pengusaha juga perlu personal branding.
Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika kamu juga personal branding yang kuat. Yang pasti akan memudahkan bisnismu dalam berkembang.
Semoga artikel ini bermanfaat!
Menurut kamu, apa lagi manfaat yang bisa didapat dari seorang pemilik bisnis yang punya personal branding yang kuat?
Share di komentar ya!