Berikut ini panduan lengkap tentang cara riset keyword di Google trend.
Riset keyword merupakan salah satu aspek penting dalam SEO (Search Engine Optimization) dan pemasaran online. Dengan melakukan riset kata kunci, anda bisa mengoptimalkan visibilitas konten atau website bisnis anda di google.
Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencari dan meriset keyword. Salah satunya adalah dengan menggunakan platform milik si mbah Google tersebut.
Apa itu Google Trends?
Google Trends adalah sebuah platform gratis milik Google untuk membantu penggunakan melihat kata kunci apa yang sedang trending di dunia atau di suatu negara.
Platform ini juga bisa melacak bagaimana grafik pencarian sebuah kata kunci dari waktu ke waktu. Bahkan dengan tampilan google trend terbaru saat ini, anda bisa melihat kueri trending secara real-time.

Dengan Google Trends, pengguna dapat melihat seberapa sering kata kunci atau frasa tertentu dicari dalam periode waktu tertentu, serta membandingkan volume pencarian antara beberapa kata kunci atau frasa dalam periode waktu yang sama atau berbeda. Pengguna juga dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan lokasi geografis, bahasa, kategori, dan tipe pencarian.
Apakah google trend dapat digunakan untuk mencari kata kunci?
Jawabannya Ya!
Google Trends adalah salah satu tools yang sangat efektif untuk mencari dan mengetahui keyword-keyword potensial yang terkait dengan bisnis Anda.
Selain itu, platform riset tren pencarian ini juga bisa memberikan insight mengenai efektifas sebuah keyword dilihat dari rentang waktu dan daerah tertentu.
Contohnya, kata kunci tentang “cara membuat pancake” memilik trend pencarian yang tinggi di bulan-bulan tertentu. Nah, dari data tersebut anda bisa membuat dan memaksimalkan kata kunci tersebut seiring perubahan waktunya.

Begitu juga dengan wilayah yang paling banyak mencari kata kunci tersebut. Dengan mengetahui daerah mana yang paling banyak mencari kata kunci tersebut maka anda bisa menyesuaikan konten anda nantinya.
Baca juga: Apa itu SEO? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Cara Riset Keyword di Google Trends
Tak cuma untuk melihat kueri apa yang yang lagi trend, Google Trend sebenarnya punya beragam fitur yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword.
Dengan mengunjungi https://trends.google.com/, ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan untuk membantu aktifitas riset kata kunci.
Berikut beberapa di antaranya…
1. Melihat Apa Yang Sedang Trending Secara Real-time
Hal yang paling utama dari google trend adalah melihat secara real time, kata kunci apa yang sedang memiliki pencarian paling tinggi saat ini.
Volume pencarian tersebut mulai dari 5 rb+, 10 rb+, 20 rb+, 50 rb+, 100 rb+, 200 rb+, 500 rb+ hingga 1 juta rb+.

Dengan begitu anda bisa secara langsung melihat apa yang sedang “happening” dalam 24 jam terakhir. Selain itu bahkan di beberapa negara tertentu bisa melacak pencarian secara real time detik ini.
Namun sayang fitur ini belum berlaku di Indonesia.
Mengetahui keyword yang sedang trending ini akan sangat bermanfaat khususnya bagi anda yang memiliki website berita atau media online. Bisa dipastikan, anda akan mendapatkan limpahan traffic secara massive jika berhasil perform di SERP google untuk kata kunci tersebut.
2. Mengetahui Minat Pencarian dari waktu ke waktu
Selanjutnya dengan menggunakan Google Trends, anda bisa melacak grafik dari volume pencarian dari rentang waktu tertentu (search interest over time).
Contohnya seperti berikut ini…

Dari gambar di atas, kita bisa melihat bahwa trend pencarian untuk kata kunci “niat puasa” mengalami puncak tertinggi di beberapa moment tertentu. Yakni pada bulan maret 2022 yang merupakan bulan ramadhan, kemudian juli 2022 yang merupakan momentum untuk melakukan puasa dzulhijjah, januari 2023 moment puasa rajab dan cendurung naik lagi pada bulan maret hingga april 2024 ini.
Dengan menggunakan data ini, anda bisa mempersiapkan konten-konten sesuai dengan waktu terbaiknya.
Baca juga: Apa itu Search Intent?
3. Membandingkan trend pencarian dari 2-5 kata kunci
Anda juga bisa menggunakan google trend untuk membandingkan volume pencarian dari beberapa kata kunci tertentu.
Tak jarang dalam melakukan riset keyword kita kebingungan dengan beberapa varian kata kunci yang berbeda.
Nah dengan google trend kita bisa mengetahui Kira-kira dari beberapa kata kunci tersebut mana yang paling populer di kalangan masyarakat.
Contoh…
Mana yang lebih sering dicari orang “niat puasa” atau “doa puasa”. Dengan Google Trends, kita bisa melihat grafik perbandingan kata kunci tersebut di kalangan pencari informasi.

4. Mengetahui Minat Pencarian Berdasarkan Wilayah
Tak cuma mengetahui grafik volume pencariannya saja, kita juga bisa melihat daerah mana yang paling banyak melakukan pencarian kata kunci tersebut.
Tepat di sebelah bawah grafik pencarian, anda bisa melihat daftar daerah atau wilayah-wilayah yang paling banyak mengetikkan kata kunci tersebut di google.

Dengan mengetahui hal ini, anda bisa mengoptimalkan konten atau iklan anda dengan menyesuaikan dengan wilayah yang paling tinggi pencariannya.
Baca juga: Cara Riset Keyword Untuk SEO: Panduan Lengkap + Contohnya
5. Mengetahui Topik dan Kata Kunci Terkait Lainnya
Jangan berhenti di volume dan trend pencarian berdasarkan wilayah. Karena di bagian bawah halaman anda bisa menemukan list kueri-kueri dan topik lainnya yang dicari orang terkait dengan kata kunci utama anda.

Ini adalah gudang inspirasi untuk menemukan dan mengeksplore ide topik dan keyword-keyword potensial untuk website anda.
Saya banyak menggunakan part ini dalam mengembangkan konten-konten berita di website.
6. Memfilter Keyword Berdasarkan Negara, Waktu, Kategori dan Jenis Pencarian
Ingin mendapatkan rekomendasi kueri yang lebih relevan lagi?
Anda bisa menyesuaikan hasil pencarian dengan menggunakan filter yang disediakan di bagian atas, tepat di bawah kolom penelusuran.

Misalnya, jika bisnis anda bergerak di bidang pariwisata maka anda bisa memilih kategori tersebut agar rekomendasi kueri-kueri terkait yang diberikan lebih spesifik dan tajam.
Kesimpulan: Cara Riset Keyword di Google Trends
Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan terkait dengan cara melakukan riset keyword di Google Trends.
Yakni:
- Mengetahui kueri yang sedang trending secara real-time
- Melacak minat pencarian dari waktu ke waktu
- Membandingkan popularitas beberapa kata kunci
- Mengetahui minat pencarian berdasarkan wilayah
- Menemukan ide topik dan keyword terkait
- Memfilter kueri untuk mendapatkan hasil lebih spesifik
Nah, dari beberapa poin di atas, mana yang paling menarik untuk anda?
Share di kolom komentar ya!

Edward Rhidwan adalah seorang trainer dan penulis. Selama 8 tahun terakhir ia banyak dipercaya oleh perusahaan, kementerian, BUMN, hingga universitas untuk melatih team dalam bidang komunikasi, marketing dan branding.