mode gelap whatsapp

Ingin mengaktifkan mode gelap whatsapp? Baiknya pahami manfaat dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini kami akan mengulas tuntas manfaat, kekuarangan dan cara mengaktifkan mode gelap pada aplikasi WA.

***

Mode gelap atau dark mode, kini tengah menjadi trend di mana-mana. Banyak platform social media dan applikasi yang menerapkan mode gelap ini. Mulai dari youtube, twitter, hingga google chrome.

Yang terbaru dan paling heboh adalah mode gelap Whatsapp.

Melalui blog resminya, Rabu, 4 maret 2012 silam, pihak Whatsapp mengumumkan telah merilis mode gelap untuk para penggunanya.

Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu mode gelap.” Tulis whatsapp dalam laman blognya.

Namun sebenarnya, barangkali kamu bertanya, apa sih manfaat mode gelap itu sebenarnya?

Nah, khusus untuk kamu berikut kami paparkan 5 Manfaat Mode Gelap Whatsapp dan cara mengaktifkannya.

1. Mengurangi Konsumsi Daya Baterai

Dilansir CNNIndonesia.com, berdasarkan laporan dari ifixit, penggunaan mode gelap dapat mengurangi konsumsi daya baterai hingga 63%.

Artinya, tanpa mode gelap ini baterai akan lebih cepat habis 6 kali lipat. Ini disebabkan lantaran kontras cahaya yang tinggi menyebabkan penggunaan daya lebih besar. Sekaligus membuat smartphone jadi lebih cepat panas.

2. Menjaga kesehatan mata

Alasan ini bisa jadi alasan yang paling penting. Maraknya penggunaan mode gelap di banyak platform dan aplikasi, memang ditengarai oleh alasan kesehatan mata.

Dengan mode gelap, kontras cahaya menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan mata menjadi tidak cepat lelah.

Fitur mode gelap whatsapp dirancang untuk mengurangi ketegangan mata, terutama di lingkungan dengan cahaya rendah.

3. Mengurangi cahaya biru

Selain itu, fungsi lain dari mode gelap adalah mengurangi paparan cahaya biru dari perangkat gawai kamu. Cahaya biru adalah radiasi yang berbahaya bagi tubuh. Konon dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker.

Cahaya biru juga dapat menghambat produksi hormo seratonin dan melatonin, yakni hormon yang dibutuhkan tubuh untuk tidur dan beristirahat.

Dengan mode gelap, kamu bisa lebih mudah untuk tidur.

4. Tampilan lebih menarik

Berubahnya tampilan cahaya smartphone menjadi lebih redup, juga bikin tampilan yang lebih menarik. Baik di aplikasi maupun di media sosial.

Dengan latar belakang warna hitam, dan tulisan berwarna putih bikin tampilan terlihat lebih mewah dan elegan.

5. Tulisan lebih jelas

Ini memang menjadi alasan utama pihak whatsapp dalam merilis mode gelapnya.

Kami ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.” Tulis pihak whatsapp.

Dengan latar gelap, tulisan putih akan lebih menonjol dan mudah untuk dibaca.

Nah, itulah 5 manfaat menggunakan mode gelap whatsapp. Kini sudah siap mencobanya?

Jika sudah, yuk lanjut membaca…

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Whatsapp

untuk mengaktifkan fitur mode gelap di WA, caranya cukup mudah. Dan sebenarnya sudah banyak di sediakan di berbagai website di luar sana.

Namun bagi kamu yang belum tahu caranya berikut kami jelaskan cara melakukannya.

Baik untuk Android maupun IoS, Mode gelap sudah bisa digunakan. Untuk iPhone mode gelap bisa diaktifkan pada menu “setting”. Kemudian pilih “display & brightness“. setelah itu aktifkan mode gelap dengan memilih opsi “dark: turn dark mode on“.

Sementara itu, untuk pengguna android, caranya juga tak kalah mudah. Cukup menuju menu setting > chat > tema. Dan pilih tema menjadi mode gelap.

Maka dalam sekejap tampilan whatsapp kamu akan berubah.

Kesimpulan

Mode gelap whatsapp memang tengah menjadi trend. Namun sebelum mengaktifkannya, ada baiknya kita memahami manfaat dan kekurangannya terlebih dahulu.

Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan setiap fitur yang ada.

Sekian artikel singkat kali ini. Semoga berguna.

***

Ini adalah artikel kesehatan. Ingin artikel konten seperti ini di website anda? Pelajari jasa content writer kami atau hubungi melalui email: bisnis@edwardrhidwan.id

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment

error: Content is protected !!