mencegah virus corona

Menghadapi wabah Corona, usah panik. Artikel kali ini kami akan menyajikan 5 cara mudah dan ampuh mencegah virus corona untuk anda dan keluarga. Seperti apa caranya?

***

Hingga maret 2020 ini, tercatat empat orang telah terjangkit virus Corona di Indonesia. Virus yang biasa disebut Covid19 ini, awalnya berasal dari Wuhan, China dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Setelah diumumkan Presiden, banyak masyarakat Indonesia menjadi panik dan khawatir akan terjangkit. Ini terlihat dengan prilaku masyarakat yang memborong beberapa persediaan makanan dan obat-obatan di pusat perbelanjaan.

Selain itu, berbagai cara pun dilakoni masyarakan demi mencegah penyebaran virus ini lebih jauh.

Seperti apa langkah-langkah mencegah virus corona? yuk simak penjelasannya berikut ini

Jangan Panik

Sejatinya, menghadapi wabah endemic Covid19 ini kita tidak perlu panik. Sebab tidak semua pasien yang terjangkit berujung kematian. Bahkan menurut laporan dari worldometer.com, dari total 106.212 kasus, sebanyak 60.215 orang telah dinyatakan sembuh. Sisanya hanya 3.600 meninggal dunia.

Artinya peluang untuk sembuh dari virus corona ini lebih besar.

Namun meski begitu, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, berikut kami sajikan 4 langkah mudah mencegah virus corona untuk anda.

1. Jaga Kesehatan dan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tidak ada cara yang lebih baik daripada menjaga imunitas tubuh kita. Itulah cara paling ampuh untuk melawan virus apapun. Termasuk virus Corona ini.

Tubuh yang sehat, tidak akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mampu melawan berbagai serangan virus, bakteri dan polusi dari luar. Sebagaimana kita ketahui tubuh kita punya mekanismenya tersendiri untuk menyembuhkan diri dari penyakit.

Banyak cara bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mulai dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta asupan makanan yang bergizi.

Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin sebagai penunjang.

2. Hindari tempat-tempat keramaian

Organisasi kesehatan dunia WHO memang menganjurkan kita agar tidak banyak keluar rumah. Selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk mencegah kontak dengan orang-orang yang berpotensi menularkan virus corona.

Jika harus keluar dan bertemu orang, sebaiknya gunakan pelindung seperti masker.

Hindari pulang terlalu dekat orang lain. Jarak aman adalah 1 hingga 3 meter. Jika harus bersalaman atau bersentuhan dengan orang lain, segera lakukan langkah ketiga. Yaitu…

3. Sering Cuci Tangan

Tangan adalah media penularan virus paling banyak. Sebab dengan tanganlah kita bersentuhan dengan orang lain, dan menyentuh benda-benda yang beresiko terpapar virus.

Karena itu, sebaiknya sering-seringlah cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Atau anda juga bisa menggunakan hand sanitizer berbahan alkohol.

Mengapa?

Dengan mencuci tangan pakai sabun atau alkohol, dapat mematikan kuman dan virus yang melengket. Sehingga virus bisa dihilangkan sebelum masuk ke dalam tubuh.

4. Jangan Menyentuh Wajah, mulut, hidup dan mata

Dari tangan, virus corona masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata. Karena itu, sebaiknya hindari untuk menyentuh ketiga anggota wajah tersebut. Terutama jika kamu belum cuci tangan.

Adapun jika kamu harus batuk atau bersin, WHO menyarankan agar menutupnya menggunakan siku bagian dalam.

Alasannya sebab siku adalah anggota badan yang jarang bersentuhan dengan benda atau orang lain.

Setelah itu, segera cuci tangan kamu kembali ya.

5. Rajin mengkonsumsi ramuan tradisional

Ramuan-ramuan herbal tradisional memang dipercaya memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan. Termasuk melindungi diri dari serangan virus.

Zat-zat alami yang terkandung dalam bahan-bahan herbal seperti curcumin, magnesium, dan lain sebagainya, terbukti ampuh menjadi antioksidan alami.

Zat-zat tersebut bisa kamu dapatkan dari bahan-bahan herbal alami seperti jahe, sereh, kunyit dan temulawak.

Selain mudah didapatkan, kamu juga bisa meramu sendiri bahan-bahan diatas dengan mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan cari panduannya di interner. Sudah banyak sekali yang membahasnya.

Nah, itulah 5 cara mudah mencegah virus Corona. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut kamu tidak perlu terlalu panik menghadap wabah penyakit ini.

Kesimpulan

Serangan virus, bukan kali pertama ini menyerang kita. Sebelumnya, wabah virus SARS dan MERS pernah terjadi. Dan semuanya berhasil dilalui.

Sebagai negara tropis, Indonesia punya keuntungan tersendiri sebab virus biasanya tidak tahan dengan cuaca panas. Begitupun dengan Corona. Kita tidak perlu panik secara berlebihan menyikapinya. Meski begitu harus tetap waspada.

Virus Corona pasti berlalu.

***

Ini adalah artikel kesehatan. Ingin artikel konten seperti ini di website anda? Pelajari jasa content writer kami atau hubungi melalui email: bisnis.edwardrhidwan.id

Author

Blogger & content writer. Menulis seputar bisnis, marketing, personal growth, konten marketing, career dan hal-hal menarik lainnya. Suka ke warung kopi. Tapi tak begitu suka kopi.

Write A Comment